Liga Italia

Rekam Jejak Gattuso Yang Buruk Sebagai Pelatih

Selasa, 28 November 2017 15:04 WIB
Penulis: Prio Hari Kristanto | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© acmilan.com
Pelatih tim Primavera AC Milan, Gennaro Gattuso. Copyright: © acmilan.com
Pelatih tim Primavera AC Milan, Gennaro Gattuso.

AC Milan telah resmi memecat Montella dan menunjuk mantan pemainnya, Gennaro Gattuso, sebagai pelatih kepala. Sebelum ditunjuk sebagai pelatih, Gattuso merupakan pelatih dari tim primavera Milan. 

Gattuso sendiri bukanlah orang baru bagi Milan. Sudah 14 tahun Gattuso berseragam AC Milan di berbagai kompetisi. Selama 14 tahun itu pun pria berusia 39 tahun tersebut mencatatkan 387 penampilan dengan menyumbangkan 10 gol untuk I Rossoneri.

Di karirnya bersama Milan, Gattuso telah mempersembahkan total 7 piala/gelar, yaitu 2 gelar Serie A, 1 piala Coppa Italia, 2 piala Supercoppa Italia, 1 trofi Piala Dunia Antarklub, dan 2 trofi Liga Champions. Tak hanya itu, Gattuso juga mengawal tim nasional Italia dalam memenangkan Piala Dunia 2006. 

Hampir tak ada yang meragukan kemampuannya sebagai pemain. Tetapi bagaimana dengan pelatih? Sayangnya, bisa dibilang pencapaiannya sebagai pelatih tak semulus ketika masih bermain. 

Setidaknya sampai usia dia yang ke 39 ini, sudah ada 4 klub yang ditangani dan semuanya gagal. Kalau tidak dipecat ya mengundurkan diri dengan kondisi klub yang entah degradasi atau jauh dari target yang diberikan. 

Fakta-fakta inilah yang menimbulkan reaksi beragam dari para Milanisti. Untuk pengetahuan bersama, berikut ini dijabarkan mengenai rekam jejak Gattuso di 4 klub profesional yang ia tangani, yaitu FC Sion, US Palermo,  OFI Crete, dan AC Pisa. 

203