Rp 71,5 Miliar di 2017, Berapa yang Akan Dikeluarkan Persib di Tahun 2018?

Rabu, 29 November 2017 08:28 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Persib Bandung
Michael Essien saat diperkenalkan Persib Bandung. Copyright: © Persib Bandung
Michael Essien saat diperkenalkan Persib Bandung.

Berakhirnya kompetisi Gojek Traveloka Liga 1 dan Liga 2, secara otomatis membuka pintu bursa transfer untuk Liga Indonesia. Beberapa klub telah melakukan aktivitas transfer mereka untuk memperkuat tubuh tim dalam mengarungi kompetisi di tahun 2018 mendatang.

Seperti Sriwijaya FC misalnya. Mereka telah lebih dulu mengumumkan bahwa Laskar Wong Kito akan dinakhodai oleh Rahmad Darmawan pada tahun 2018. Begitu pula dengan Arema FC dan Persija, yang telah merekrut pemain baru untuk komposisi pemain mereka.

Terakhir adalah Persib Bandung, yang secara resmi mengumumkan arsitek anyar mereka. Nama Roberto Carlos Mario Gomez terpilih untuk menakhodai para penggawa Maung Bandung dalam berkompetisi di Liga 1 musim depan.

Pertanyaan pun muncul pasca pemilihan mantan pelatih klub Liga Super Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT) tersebut. Berapa nominal yang akan dikeluarkan oleh PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) nantinya?

Sekadar informasi, Persib Bandung dikabarkan telah merogoh kocek sebesar 4,03 juta poundsterling, atau sekitar Rp71,5 miliar untuk membeli beberapa pemain sebelum kompetisi Gojek Traveloka Liga 1 2017 dimulai, seperti dikutip dari BobotohId.

© Pikiran Rakyat
Persib usai pertandingan Copyright: Pikiran RakyatPersib usai pertandingan.

Kala itu, pelatih Djajang Nurdjaman mendatangkan mantan gelandang Chelsea dan AC Milan, Michael Essien. Tak lama berselang, mantan penyerang West Ham United, Carlton Cole pun hijrah ke Kota Bandung.

Kedatangan kedua pemain bintang itu pun membuat banyak para pencinta sepakbola Tanah Air memberikan prediksi, bahwa Persib Bandung akan keluar sebagai jawara Liga 1 2017. Namun, hasil akhir berkata lain.

Atep dkk harus mengakhiri kompetisi Liga 1 dengan duduk di posisi ke-13. Inkonsistensi mereka dalam mengarungi kompetisi, dengan terlalu banyak meraih hasil imbang melawan tim-tim yang berada di bawahnya membuat Persib secara mengejutkan berada di luar 10 besar.

Hal tersebut menggambarkan bahwa pengeluaran besar pun tidak menjamin sebuah klub akan berhasil dalam mengarungi kompetisi. Berbeda halnya dengan Bali United, yang kabarnya mengeluarkan dana mencapai Rp61,2 miliar dan dibayar tuntas dengan duduk di posisi dua klasemen akhir Liga 1.

© Istimewa
Penyerang Johor Darul Takzim FC, Jorge Pereyra Diaz Copyright: IstimewaPenyerang Johor Darul Takzim FC, Jorge Pereyra Diaz.

Sebelumnya, INDOSPORT pernah menjabarkan kemungkinan pemain-pemain yang akan diboyong oleh Mario Gomez ke Stadion Si Jalak Harupat nantinya. Ketiga pemain tersebut adalah Luciano Figueroa, Jorge Pereyra Diaz, dan Juan Martin Lucero.

Terpilihnya ketiga pemain tersebut bukan tanpa alasan. Selain karena memiliki kualitas di atas rata-rata, ketiganya diketahui pernah dilatih oleh Mario Gomez di beberapa tim yang berbeda.

Ditaksir dari situs transfermarkt, ketiga pemain tersebut bila dijumlah memiliki harga lebih dari 3 juta euro, atau sekitar Rp48 miliar. Jumlah yang lebih sedikit dibandingkan musim lalu.

Walau begitu, manajemen Persib perlu berkaca akan apa yang pernah mereka lakukan jelang Liga 1 2017 dimulai. Hasil minor pasca ‘membakar’ uang tentunya akan merubah wajah Persib Bandung di mata para pencinta sepakbola Indonesia, maupun para Bobotoh.

2K