Lawan Tim Inggris di Liga Champions, Juventus Sering Keok

Selasa, 12 Desember 2017 13:08 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Abdurrahman Ranala
 Copyright:

Klub Raksasa Italia Juventus, terkenal sangat superior di Liga Italia Serie A. Klub asal kota Turin itu menjadi pengoleksi gelar Serie A terbanyak dengan lebih dari 30 gelar. Namun, Juventus tak memiliki rekor mentereng di kompetisi Eropa. Terutama saat Juventus berhadapan dengan tim asal Inggris, keperkasaan mereka di Serie A seolah lenyap. 

Dari pantauan INDOSPORT, tercatat Juventus hanya berhasil menang sebanyak 6 kali, Imbang 4 kali, dan kalah 8 kali dari Tim Ingrris. Data itu dirangkum dari pertandingan Liga Champions dan Liga Europa, sejak 04 Desember 2001 hingga 20 November 2012.

Tak hanya itu, sejak tahun 1965,  Juventus hanya unggul kemenangan tipis dari tim Inggris.  Mereka hanya mampu menang 16 kali, bermain imbang 13 kali dan kalah 15 kali. Manchester United, Liverpool dan Arsenal menjadi klub Inggris yang sering menjadi momok menakutkan bagi I Bianconerri. 

© gettyimages
Caption Copyright: gettyimagesPemain Legenda Juventus

Seperti dilansir akun Twitter @OptaPaolo, Juventus acap kesulitan jika bertemu klub Inggris di fase gugur kompetisi Eropa. Tercatat, La Vecchia Signora lima kali tersingkir. Misalnya pada Liga Champions Eropa musim 2008-09. Kala itu, Juve, yang masih diperkuat Trezeguet kalah dengan agregat 3-2 dari The Blues Chelsea, di babak 16 besar.

Sejak awal tahun 2000-an Juventus memang mengalami periode buruk di pentas Eropa. Baru lah 5 musim terakhir, prestasi Juventus di Liga Champions Eropa bisa dibilang moncer. 

© MARCO BERTORELLO/AFP/Getty Images
Lionel Messi tampak terluka di bagian wajah kirinya setelah ditabarak Miralem Pjanic. Copyright: MARCO BERTORELLO/AFP/Getty ImagesLionel Messi tampak terluka di bagian wajah kirinya setelah ditabarak Miralem Pjanic.

Marchisio dkk bahkan mampu menembus laga final sebanyak dua kali dalam kurun waktu tiga tahun. Pertama melawan Barcelona di musim 2014/15 dan Real madrid di musim 2016/17. Sayangnya, Juve tak berhasil membawa satu pun trofi 'Si Kuping Besar' itu ke Turin, Italia.

Karenanya, melawan Spurs di babak 16 besar tentu bukan perkara mudah bagi Paulo Dybala dkk. Mampu kah Allegri membuat keajaiban pada laga Leg ke-2 di Wembley, Kamis (08/3/18) nanti ?

49