Liga Indonesia

Agennya Dipanggil PSSI, Nasib Evan Dimas dan Ilham Udin Kembali Menggantung

Senin, 18 Desember 2017 14:04 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Drama kepindahan dua pemain Timnas Indonesia, Evan Dimas dan Ilham Udin Armayn ke klub Malaysia, Selangor FA belum juga usai. Setelah sebelumnya dipanggil menghadap Ketua Umum PSSI pada pekan lalu, kini sang agen kedua pemain, Mulyawan Munial mengatakan dirinya diminta untuk menghadap ke PSSI.

Muly menjelaskan sejatinya ia dipanggil pada hari ini, Senin (18/12/17) ke kantor PSSI. Namun, agenda tersebut dibatalkan dengan beberapa alasan dan baru akan dilanjutkan esok hari, Selasa (19/12/17). Meksi demikian, Muly juga mengatakan ia tidak mengetahui secara persis apa tujuan PSSI memanggil dirinya.

"Iya dipanggil tapi tunda besok siang. Saya juga belum tahu apa agendanya," tuturnya saat dihubungi INDOSPORT.

© Instagram/Ilham Udin Armayin
Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn resmi ke Selangor FA. Copyright: Instagram/Ilham Udin ArmayinEvan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn resmi ke Selangor FA.

Keadaan ini tentunya semakin menimbulkan banyak spekulasi mengenai masa depan Evan Dimas maupun Ilham Udin. Pasalnya, Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi sempat geram ketika mendengar kabar dua pesepakbola itu hijrah ke Malaysia. Karenanya, pihak PSSI kemudian memanggil para pemain pada pekan lalu untuk berdiskusi.

PSSI yang diwakili Ratu Tisha Destria menyebut bahwa pemanggilan Evan Dimas, Ryuji Utomo, Andik Vermasah, dan Ilham Udin Armayn pada pekan lalu, merupakan bagian dari sinkronasi pemain dengan agenda persiapan Skuat Garuda untuk kompetisi tahun depan.

Akan tetapi, kabar mengenai Evan Dimas dan Ilham Udin ini bahkan sudah merebak ke negeri tetangga. Presiden Selangor FA, Datuk Seri Subahan Kamal sampai mengeluarkan pernyataan ia tidak akan begitu saja melepas kedua pemain meski nantinya dilarang oleh PSSI untuk main di Malaysia.

Tak hanya itu, Asosiasi Sepakbola Malaysia (FAM) akhirnya ikut angkat bicara mengenai pernyataan Ketum PSSI, Edy Rahmayadi. Sekjen FAM, Datuk Hamidin Mohd Amin mencoba meluruskan keadaan dan menjelaskan bahwa pihak PSSI tidak mengambil keputusan untuk melarang pemain Indonesia berkarier di luar negeri.

© INTERNET
Caption Copyright: INTERNETAgen Evan Dimas dan Ilham Udin, Muly Munial.

FAM menjelaskan bahwa Edy dan PSSI hanya khawatir mengenai dua pemain mudanya yang akan bersaing di Asian Games 2018 mendatang. Mengingat, Indonesia memiliki target besar di ajang empat tahunan tersebut.

“PSSI menghubungi saya untuk menjelaskan situasi sebenarnya. Saya diberi tahu (pernyataan) itu lebih kepada semacam masukan ketimbang larangan pemain berkiprah ke Malaysia. PSSI berhak khawatir karena ekspektasi terhadap timnas di Asian Games sangat tinggi,” ujarnya seperti dikutip dari Harian Metro.

“Apapun itu, PSSI hanya menasihati pemain dan tidak mencegah pemain untuk hijrah ke Malaysia. Pemain punya hak untuk menentukan langkah mereka,” tutupnya.

Baik Evan Dimas maupun Ilham Udin rencananya akan bergabung dan menjalani latihan bersama Selangor FA sebelum Natal nanti. Keduanya dilaporkan akan tiba pada 22 Desember 2017 mendatang.

57