Liga Inggris

Chelsea vs Arsenal Akan Jadi Laga Pertama di Inggris yang Menggunakan VAR

Jumat, 22 Desember 2017 13:33 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Prio Hari Kristanto
© Getty Images
Alexis Sanchez (Arsenal) saat pertandingan melawan Chelsea. Copyright: © Getty Images
Alexis Sanchez (Arsenal) saat pertandingan melawan Chelsea.

Laga seru tersaji di semifinal Piala Liga Inggris, di mana akan mempertemukan dua klub asal London yakni Arsenal dengan Liverpool. Pada laga tersebut, English Football League (EFL) akan menguji coba teknologi Video Asisten Wasit atau biasa dikena; dengan VAR.

Inggris pun menjadi salah satu negara yang belum menggunakan teknologi VAR. Mereka tertinggal oleh Serie A dan Bundesliga yang lebih dulu menerapkan sistem tersebut. Sedangkan La Liga dapat dipastikan akan menggunakannya pada musim depan.

Sistem Ini pun menjadi kali pertama dalam pertandingan klub yang kompetitif di ranah Inggris. EFL pun dikabarkan akan menerapkan VAR di babak kletiga Piala FA Januari mendatang yang mempertemukan Brighton dengan Crsytal Palace.

Sebelumnya, teknologi VAR sempat digunakan pada pertandingan persahabatan saat Inggris menghadapi Jerman dan Brasil di Wembley Stadium. Namun, pada dua laga itu manfaat VAR tidak terasa, mengingat tidak ada insiden yang membuatnya harus digunakan.

© INDOSPORT
Momen saat Pedro Rodriguez mendapat kartu merah. Copyright: INDOSPORTMomen saat Pedro Rodriguez mendapat kartu merah.

Berbeda cerita dengan laga semifinal Piala Inggris lainnya yang mempertemukan Manchester City dengan Bristol. EFL tidak akan menggunakan VAR pada laga tersebut, karena menilai laga Arsenal kontra Chelsea dianggap lebih mengundang banyak insiden.

Namun, sejauh ini belum ada indikasi apakah Federasi Sepakbola Inggris akan menggunakan VAR di kasta tertinggi sepakbola Inggris. Bukan tidak mungkin, Liga Primer Inggris akan menyusul tiga negara yang sudah menggunakannya lebih awal.