Liga Inggris

Man United 2-0 Derby: Lukaku Is Back!

Sabtu, 6 Januari 2018 05:06 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Romelu Lukaku berhasil mencetak satu gol dan satu assist saat Man United menghadapi Derby County. Copyright: © Getty Images
Romelu Lukaku berhasil mencetak satu gol dan satu assist saat Man United menghadapi Derby County.

Babak Pertama

Tampil di hadapan publik sendiri yang memenuhi Old Trafford, Manchester United langsung bermain agresif sejak wasit meniup peluit dimulainya babak pertama. Pada menit kelima, Paul Pogba membuat kejutan dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Beruntung bagi Derby County, arah tendangan  berhasil dibaca Carson yang sukses mengamankan bola.

Dua menit berselang, giliran Herrera yang nyaris membuka keunggulan Setan Merah atas tim tamu. Gelandang asal Spanyol itu mencoba menyundul bola hasil umpan silang Rashford, yang sayangnya masih sedikit menyamping dari gawang.

Setelah 10 menit bermain di bawah tekanan, Derby akhirnya mencoba memberi sedikit ancaman pada gawang Romero. Memanfaatkan serangan balik, Winnall sukses membawa bola ke dalam kotak penalti. Sialnya, saat mencoba melepaskan tembakan, bola berhasil direbut lini belakang  Manu United.

© INDOSPORT
Paul Pogba berusaha untuk keluar dari hadangan para pemain Derby County Copyright: INDOSPORTPaul Pogba berusaha untuk keluar dari hadangan para pemain Derby County

Rashford pada menit ke-19 hampir saja membuat publik Theatre of Dream bergemuruh. Pemain muda itu dengan lihai mengeceoh dua pemain Derby sebelum melepaskan tembakan. Akan tetapi, kurangnya akurasi membuat bola melambung tinggi.

10 menit jelang berakhirnya paruh pertama, Rashford lagi-lagi nyaris menjadi pencetak gol pembuka dalam laga, seandainnya saja bola hasil sundulannya tidak membentur tiang gawang.

Upaya Rashford untuk mencatatkan namanya di papan skor masih belum berakhir. Di menit ke-38, Herrera mengirim umpan lambung yang dilanjutkan sundulan olehnya. Sial bagi pemain asal Inggris itu, bola mengarah tepat ke pelukan Carson.

Hingga peluit berakhirnya babak pertama dibunyikan kedua kesebelasan belum ada yang mengoversi peluang menjadi gol. Alhasil, skor imbang 0-0 mengiringi langkah pemain ke ruang ganti.

Babak Kedua

Memulai paruh kedua pertandingan, Mourinho mengawalinya dengan melakukan rotasi pemain. Mkhitaryan yang tampil kurang impresif di 45 menit pertama ditarik mundur dan digantikan oleh Lukaku.

Masuknya penyerang berpaspor Belgia itu pun membuat Derby County semakin sulit untuk lepas dari kukungan Man United. Di menit ke-54, Lukaku hampir membuka keunggulan Setan Merah dari situasi sepak pojok. Namun, bola sundulannya masih sedikit melenceng di atas mistar gawang.

Di menit ke-71, penggawa Man United menunjukkan kerja sama apik yang melibatkan Herrera, Lingard, dan Rashford. Awalnya Herrera dan Lingard melakukan aksi satu dua yang memberi kesempatan Rashford ke dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan keras kaki kiri. Namun, lagi-lagi dewi fortuna belum berpihak bagi Man United, bola masih membentur tiang gawang.

Ketika waktu normal pertandingan tinggal tersisa enam menit, Man United akhirnya mampu menciptakan gol yang lama mereka tunggu. Adalah Lingard yang sukses memecah kebuntuan dan membuat Man United unggul 1-0 atas Derby County.

Berawal dari umpan lambung Lukaku, Lingard tanpa pikir panjang melepaskan tembakan voli yang meluncur deras ke gawang Derby County.

Tak puas hanya unggul satu gol, Man United kembali berhasil membuat Carson memungut bola dari gawangnya enam menit kemudian. Lukaku yang sebelumnya memberi assists untuk gol Lingard, sukses mencatatkan namanya di papan skor.

Melakukan umpan satu dua dengan Martial, Lukaku yang berada di kotak penalti melakukan tendangan keras ke gawang Derby County. Bola sempat mengenai kiper Carson, namun tetap mengalir ke dalam gawang.

Gol dari Lukaku itu pun menjadi gol terakhir yang tercipta pada pertandingan tersebut. Man United sukses melangkah ke babak selanjutnya Piala FA 2017/18 setelah unggul 2-0 atas Derby County.

Susunan Pemain Kedua Kesebelasan:

Manchester United (4-3-3): Romero; Lindelof, Smalling, Blind, Shaw; Herrera, Pogba, Mata; Lingard, Mkhitaryan, Rashford.
Pelatih: Jose Mourinho.

Derby County (4-5-1): Carson; Keogh, Wisdom, Pearce, Olsson; Thorne, Huddlestone, Lawrence, Russell, Weimann; Winnall.
Pelatih: Gary Rowett.

121