Liga Inggris

Guardiola Minta Leroy Sane Tiru Gaya Permainan Messi

Kamis, 25 Januari 2018 15:13 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Abdurrahman Ranala
© Mark Robinson/Getty Images
Bintang Manchester City, Leroy Sane. Copyright: © Mark Robinson/Getty Images
Bintang Manchester City, Leroy Sane.

Pemain sayap Manchester City Leroy Sane mengungkapkan bahwa pelatih Pep Guardiola telah memintanya untuk meniru permainan megabintang Barcelona, Lionel Messi. Hal itu dilakukan agar Sane bisa menajamkan lini serang Manchester City, yang saat ini hanya memiliki dua penyerang tengah.

Guardiola sendiri memang mengagumi permainan Messi di atas lapangan. Bahkan beberapa waktu lalu, mantan juru taktik Barcelona dan Bayern Munchen tersebut menyebutkan bahwa klub yang memiliki Messi akan dengan mudah merajai kompetisi Eropa.

Mungkin dengan cara menirukan gaya permainan Messi, Guardiola bisa mencatatkan rekor baru bersama Manchester City dengan membantu meraih trofi Liga Champions. Sane sendiri menjadi pemain The Citizens yang paling mendekati permainan Messi, karena kaki kirinya yang dominan.

© INDOSPORT
Lionel Messi berduel dengan salah satu pemain Levante. Copyright: INDOSPORTLionel Messi berduel dengan salah satu pemain Levante.

Mantan pemain Schalke 04 tersebut telah memperlihatkan perkembangan pesat di bawah arahan Guardiola pada musim ini. Sane pun mengaku bahwa Guardiola sangat membantu dirinya dalam mengembangkan permainannya.

“Dia mengubah keseluruhan permainan saya. Di Jerman, fokus saya terutama pada dribbling. Sekarang, Pep memperhatikan setiap detail permainan saya, cara saya bergerak, berapa banyak ruang yang terbuka saat saya lari, bagaimana saya bekerja defensif, bagaimana saya memposisikan diri saya saat bertahan,” ujarnya kepada Welt am Sonntag.

© INDOSPORT
Pep Guardiola, pelatih Man City. Copyright: INDOSPORTPep Guardiola, pelatih Man City.

“Semua ini membantu saya menemukan ruang terbuka untuk rekan tim saya, dan menempatkan diri pada posisi yang lebih baik di lapangan. Pep telah mengangkat saya ke level yang baru,” tambahnya.

Sane pun membeberkan bahwa Guardiola kerap kali menunjukkan video permainannya untuk mengevaluasi beberapa kesalahan yang diperlihatkannya. Itu pun diakui sangat membantu dirinya.

© INDOSPORT
Lionel Messi dan Pep Guardiola. Copyright: INDOSPORTLionel Messi dan Pep Guardiola.

“Pelatih kadang-kadang mendatangi saya dan menunjukkan kepada saya video tentang kesalahan saya dan Pep terutama mencoba membuat setiap pemain menjadi lebih baik. Dia sering menunjukkan kepada saya keterampilan pemain yang telah dilatihnya di masa lalu. Misalnya, dia meminta saya untuk melakukan detil. Lihatlah bagaimana Messi mengelola situasi satu lawan satu, dan bagaimana dia bergerak,” tutupnya.

581