Liga Indonesia

Bala Singandaru, Siap Dampingi Perserang di Liga 2 2018

Minggu, 28 Januari 2018 20:09 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Agus Dwi Witono
© Twitter
Bala Singandaru Copyright: © Twitter
Bala Singandaru

Kehadiran suporter sudah menjadi bagian yang penting bagi sebuah klub sepakbola. Karena dengan adanya suporter, semangat bermain demi meraih kemenangan menjadi memuncak ketika ada barisan yang setia mendukung.

Indonesia sendiri sebagai salah satu negara yang mempunyai antusias tinggi terhadap sepakbola. Terbukti banyak fans dari berbagai klub di Tanah Air yang masing-masing memiliki jumlah yang cukup lumayan.

Salah satunya ada Bala Singandaru, suporter klub sepakbola asal Banten, Perserang Serang. Meski tim mereka bermain di kasta kedua Liga Indonesia, namun Balsing tetap setia mendukung tim kesayangannya. Apalagi kala melakoni partai kandang, Stadion Maulana Yusuf yang berada di Serang, Banten langsung dipenuhi para Balsing.

Sudah berusia 13 tahun, keberadaan Balsing tak perlu diragukan kesetiaannya. Saat ini, Balsing yang diketuai oleh Daeng Djago ini telah memiliki tiga perwakilan wilayah. Tiga Korwil tersebut berasal dari Serang Barat, Tengah, dan Timur. Tiga korwil itu membawahi 40 subkorwil dan setiap 1 korwil menaungi beberapa kecamatan. Berdasarkan data terakhir, keanggotaan Balsing sudah mencapai sekitar 4 ribu orang. 

Tak kalah dari Persib Bandung dengan Bobotoh-nya, atau Persija dengan Jakmania-nya, Balsing juga hadir dan mempunyai koreo yang dibawakan kala mendukung tim kesayangannya di tribun stadion.

© Perserang Serang
Perserang Serang resmi menjalin kerjasama dengan apparel asal Spanyol, Kelme. Copyright: Perserang SerangPerserang Serang resmi menjalin kerjasama dengan apparel asal Spanyol, Kelme.

"Kita sering membuat koreo seperti yang terakhir kali kita buat saat hari Kemerdekaan RI pada 2017 lalu. Kalo anthem sendiri kita masih menjadikan lagu nasional Tanah Air dengan diubah liriknya. Namun ke depan kita akan membuat anthem tersendiri untuk tim kebanggaan kami yaitu Perserang," tutur Afrian Mahmud, Humas Bala Singandaru.

Afrian yang akrab di sapa Cuming ini juga yakin bahwa dirinya dan teman-teman Bala Singandaru akan berhasil mengantarkan Perserang ke kasta tertinggi Liga Indonesia.

"Harapan terbesar Balsing tentunya Perserang bisa lolos ke Liga 1. Setidaknya, walaupun belum bisa lolos ke Liga 1 ya minimal bisa bertahan di Liga 2 dan jangan sampai degradasi ke Liga 3 karena itu haram hukumnya bagi Balsing jika Perserang degradasi ke liga 3," tambah Cuming, saat dihubungi INDOSPORT, Minggu (26/011/18).

 

Kembali hibernasi, mempersiapkan diri untuk sesuatu yang lebih baik di esok hari nanti.. See ya on our tribune! 👏👌🍻👊 #SALAWE #Balsing #BalaSingandaru #PerserangFans #PerserangSelamanya

A post shared by Bala Singandaru (@balsingofficial) on

Perserang sendiri kini tengah berbenah demi mengarungi musim 2018 mendatang. Meski bukan satu-satunya tim yang ada di Banten, Perserang yakin bisa ungguli dua tim lainnya yaitu Persita Tangerang dan Cilegon United.

Beberapa waktu lalu Perserang juga berhasil menggaet apparel asal Spanyol, Kelme, untuk mendukung perjalanan mereka di Liga 2 mendatang. Dari segi sponsor tim besutan Zainal Abidin ini sudah siap betul. 

Menurut CEO Perserang, Babay Karnawi, beberapa nama pemain juga sudah masuk incaran tim di bursa transfer. Kabar terakhir, Okto Maniani telah menjalani seleksi bersama Perserang pada Selasa (23/01/18) dan siap bergabung pada 1 Februari nanti.

"Mengingat manajemen saat ini sudah terbentuk dengan rapih dan makin solid. Ditambah dukungan ketua umum Perserang Pilar Saga Ichsan yang sangat luar biasa memiliki keinginan besar untuk membangun Perserang agar lebih baik lagi ke depannya," tutup Cuming.

© bantenpos.co
Okto Maniani (Berkaus hijau) ketiak berlatih bersama peserta seleksi Perserang, Selasa (23/1/2018). Copyright: bantenpos.coOkto Maniani (Berkaus hijau) ketiak berlatih bersama peserta seleksi Perserang, Selasa (23/1/2018).
231