Bola Internasional

Liverpool Tersingkir dari Piala FA Karena VAR?

Minggu, 28 Januari 2018 23:16 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Rizky Pratama Putra
© Getty Images
Jhonny Evans (tengah) diantara para pemain Liverpool. Copyright: © Getty Images
Jhonny Evans (tengah) diantara para pemain Liverpool.

Liverpool harus bersabar karena tak berhasil kalahkan tim papan tengah Liga Inggris, West Bromwich Albion dalam lanjutan babak 32 besar Piala FA, Minggu (28/01/18). The Reds harus terima ke kalahan dengan skor 2-3 di depan ribuan penggemarnya.

Di pertandingan dini hari tadi, Tenologi pemantau wasit atau teknologi VAR kembali dilibatkan. Terbukti, wasit yang memimpin pertandingan semalam, Craig Pawson bulak-balik memantau video siaran ulang dengan VAR.

© Football Asociation
Wasit Craig Pawson Copyright: Football AsociationWasit Craig Pawson

Di babak pertama, saat WestBrom unggul 1-2, seuisai sundulan Craig Dawson berhasil mengarahkan bola ke gawang. Namun tak berbuah gol, karena setelah ia melihat tayangan ulangnya pada VAR, offside sudah lebih dulu terjadi.

Penalti yang diterima Liverpool itu juga hasil dari Pawson pasca dirinya memantau VAR. Namun saying, Roberto Firmino yang mengekseskui tak berhasil catatkan gol.

Drama ketiga yang berhubungan dengan VAR terjadi menjelang akhir babak pertama. Sang wasit kembali melihat video siaran ulang setelah WestBrom mencetak gol ketiganya. Kali ini VAR menguntungkan WestBrom, dan gol itu pun berlaku.

Dilansir BBC, ini merupakan kali keenam VAR digunakan di pertandingan yang melibatkan tim Inggris. Beberapa waktu lalu, saat laga Chelsea vs Arsenal di Piala Liga Inggris juga menerapkan VAR.

Pengaruh VAR sangat terasa di babak pertama, namu penuh kontroversi. Namun wasit Pawson harus membuat durasi pertandingan di babak pertama bertambah jadi 50 menit karena VAR.

Pada tiga kejadian diatas keputusan tepat tampaknya berhasil diambil, tapi keresahan utamanya adalah saat menghampiri layar untuk melihat tayangan ulangnya. Itu sangan membuang-buang waktu.

© INDOSPORT
PAra pemain WBA melakukan selebrasi usai mencetak gol. Copyright: INDOSPORTPAra pemain WBA melakukan selebrasi usai mencetak gol.
106