Liga Indonesia

3 Pelajaran Berharga Pasca Pengakuan FIFA Terkait Tampilnya Indonesia di Piala Dunia

Senin, 29 Januari 2018 18:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Negara-negara kuat Asia seperti  Iran, Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, dan Australia tentu sudah tidak asing dengan keikutsertaan di Piala Dunia. Akan tetapi federasi sepakbola dunia atau FIFA baru-baru ini mengungkapkan fakta jika Indonesia adalah negara Asia pertama yang tampil di kejuaraan empat tahunan tersebut.

Rupanya FIFA meninjau keikutsertaan Hindia Belanda (nama Indonesia saat itu) di Piala Dunia 1938 yang merupakan edisi ketiga yang digelar dari tanggal 5 Juni hingga 19 Juni 1938 di Prancis. Ketika itu, Hindia Belanda menggantikan Jepang yang mengundurkan diri.

Dalam kiprahnya, Hindia Belanda terpaksa takluk dengan skor 6-0 dari Hungaria di laga perdana. Hal itu sekaligus menghentikan langkah Mo Heng Tan dan rekan-rekan menuju babak utama.

Meski demikian, setidaknya ada beberapa pelajaran yang bisa diambil sepakbola Indonesia seiring dengan pengakuan FIFA tersebut. Apa saja hal yang bisa diambil untuk meningkatkan kualitas sepakbola Tanah Air? berikut INDOSPORT menjabarkannya untuk anda.

1.4K