Liga Indonesia

Persiba Balikpapan Masih Terus Benahi Posisi Kiper

Rabu, 31 Januari 2018 12:57 WIB
Kontributor: Teddy Rumengan | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Teddy Rumengan/Football265.com
Sesi latihan Persiba Balikpapan Copyright: © Teddy Rumengan/Football265.com
Sesi latihan Persiba Balikpapan

Pelatih kiper Persiba Dedi Siswanto kini tengah serius membenahi kekurangan tiga kiper yang saat ini telah bergabung dan latihan bersama skuat Beruang Madu. Menurutnya ada beberapa fokus yang menjadi penilaian untuk ketiga kiper yang baru saja bergabung.

Tiga kiper itu diantaranya, kiper sarat pengalaman yakni Barep Wahyudi Arif Wibowo yang sebelumnya berseragam Persip Pekalongan, PSIS Semarang maupun PSCS Ciamis. 

Kemudian kiper muda Semarang kelahiran 17 November 1995 yang sebelumnya juga berseragam Mahesa Jenar yakni Fajar Setya. Kemudian mantan kiper Persiba U-19, Wildan yang dipromosikan ke skuat senior untuk Liga 2 musim depan.

“Kiper itu ada 10 penilaian, diantaranya penyelematan, distribusi bola, reaksi, reading of the game maupun crossing. Itu ada catatan sendiri untuk pelatih penjaga gawang,” ujar Dedi.

© Teddy Rumengan/Football265.com
Sesi latihan Persiba Balikpapan Copyright: Teddy Rumengan/Football265.comSesi latihan Persiba Balikpapan

Mantan pelatih kiper PS TNI dan Persepam Madura ini mengatakan, reading of the game menjadi perhatiannya yang harus dikuasai kiper modern seperti sekarang.

Reading game itu, minimal 85 persen harus dimiliki oleh seorang kiper, karena dia orang terakhir. Kiper modern sekarang itu dia benteng terakhir,” terangnya.

© Teddy Rumengan/Football265.com
Sesi latihan Persiba Balikpapan Copyright: Teddy Rumengan/Football265.comSesi latihan Persiba Balikpapan

“Karena kiper dia bisa pake kaki, tidak seperti yang dulu, itu yang namanya reading game kadang bagus di latihan belum tentu bagus di mental bertanding,”

Persiba kemungkinan masih akan menambah satu kiper lagi dan dalam waktu dekat segera bergabung. Hal itu karena Wildan, yang dipromosikan ke skuat senior hanya berstatus kiper magang di Persiba Balikpapan.

119