Liga Spanyol

Messi: Barcelona Lebih Baik Tanpa Neymar

Senin, 12 Februari 2018 19:26 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Lionel Messi. Copyright: © INDOSPORT
Lionel Messi.

Lionel Messi telah membuat pengakuan yang sedikit mengguncang publik bahwasannya, Barcelona lebih baik tanpa keberadaan pemain berharga 222 juta euro (sekitar Rp3,7 triliun), Neymar.

Bintang Brasil yang sudah diakui khalayak sebagai salah satu pemain terbaik di dunia, meninggalkan Camp Noy musim panas lalu dengan mencetak rekor sebagai pemain termahal dunia. Menariknya, Lionel Messi yang merupakan partner Neymar di Barcelona sepertinya tidak terlalu tertarik dengan isu yang menggelayuti kepindahan pemain asal Brasil tersebut.

Kapten Argentina itu justru menunjukkan bahwa Barcelona tidak khawatir ditinggal Neymar, justru malahan lebih baik tanpa pemain tersebut.

© Indosport
Lionel Messi dan Neymar. Copyright: IndosportNeymar merupakan mantan partner Messi di Barcelona.

"Tanpa Neymar, kami lebih mempunyai keseimbangan. Kepergiannya menyebabkan perubahan dalam cara kami (Barcelona) bermain", ujar Messi seperti dikutip dari Sunday Mirror.

"Kami telah kehilangan banyak sisi potensi offensif (akibat kepergian Neymar), tetapi kami telah mengalami peningkatan dari segi pertahanan. Kini kami lebih bermain dengan keseimbangan dan ini memungkinkan kami untuk selalu bermain lebih solid," tambahnya menjelaskan

Ucapan Messi tentang Barcelona yang lebih baik tanpa keberadaan Neymar menemui faktanya pada musim ini. Musim lalu, ketika Neymar masih di klub tersebut, Barcelona menyelesaikan La Liga Spanyol sebagai runner-up dibawah rival abadinya, Real Madrid. Tetapi sekarang, ketika pemain berusia 26 tahun itu tiada, mereka justru terlihat sangat kuat dan mendominasi La Liga musim 2017/18 ini.

© AFP
Selebrasi Coutinho usai cetak gol Copyright: AFPBarcelona kini masih berstatus pemuncak klasemen La Liga Spanyol 2017/18.

Sesuai dengan yang dikatakan Messi, Barcelona kini lebih solid tanpa Neymar. Bahkan kesolidan Los Cules kini layak diapresiasi lebih karena mereka berada dibawah bimbingan pelatih baru, Ernesto Valverde.

Selain berbicara tentang Barcelona yang lebih baik tanpa Neymar, Messi juga membicarakan seputar Liga Champions dan saingan terberat timnya saat ini. Messi menunjuk Manchester City asuhan mantan bosnya, Josep Guardiola sebagai ancaman terkuat dan diikuti tim Neymar saat ini, Paris Saint-Germain

"Manchester City adalah salah satu tim terkuat saat ini, begitu pula Paris Saint-Germain," katanya. "Saya juga tidak mengecualikan Real Madrid dalam hal kualitas mereka dan pengalaman, meski mereka masih belum maksimal hingga kini."

"Lalu ada Bayern Munich, tim hebat lain yang pernah juara Liga Champions. Namun untuk saat ini, bagaimanapun tim terbaik adalah Mancheter City and Paris-Saint Germain.", tutur Messi coba mengerucutkan kembali perihal tim terkuat di Eropa saat ini selain Barcelona.