Liga Indonesia

Laga Sriwijaya vs Persebaya Jadi Panggung Pemain Pelapis

Rabu, 28 Februari 2018 04:36 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Laga terakhir Grup B Piala Gubernur Kaltim bakal mempertandingkan Sriwijaya FC yang menantang Persebaya Surabaya. Keduanya sendiri akan berlaga di Stadion Batakan, Balikpapan, Rabu (28/02/18) malam.

Meski menjadi laga terakhir penyisihan grup, pertandingan ini sudah tidak menentukan lagi. Pasalnya, kedua kesebelasan sudah pasti lolos ke semifinal. Meski begitu, hasil pertandingan akan menentukan siapa yang berhak menjadi pemuncak dari Grup B.

Meski kedua pelatih tetap memberikan isyarat akan bermain maksimal, tapi sinyal starting eleven dihuni pemain pelapis masih sangat kuat.

"Saya akan berikan kesempatan pada seluruh pemain. Kita akan melihat kalkulasi yang tepat, dengan catatan kita akan serius menghadapi Persebaya," ujar Pelatih SFC, Rahmad Darmawan (RD), Selasa (27/02/18).

RD memberikan isyarat bakal menyimpan beberapa pemain inti seperti Alberto Goncalves, Esteban Vizcarra, dan Manuchekhr Dzhalilov. Situasi ini yang sama seperti saat SFC melawan Persiba Balikpapan, meski pada akhirnya pemain ini harus diturunkan karena anak asuhnya tak kunjung mencetak gol.

“Kami sangat serius melawan Persebaya, ini bakal menjadi ujian bagi kami. Saya ingin pemain enjoy dan menemukan ritme permainan terbaik,” tegas RD.

© Muhammad.Effendi/Football265.com
Pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan. Copyright: Muhammad.Effendi/Football265.comPelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan.

Hal yang sama juga akan dilakukan Pelatih Persebaya Angel Alfredo Vera. Ia menyebutkan ingin memberikan kesempatan pada seluruh pemainnya tampil di turnamen pramusim ini.

"Kami tidak punya cukup waktu untuk mempersiapkan tim ini sehingga kesempatan ini kami maksimalkan," ujar pelatih asal Argentina tersebut.

"Kami mencoba melakukan pergantian yang bermanfaat. Di turnamen ini, kami tidak punya banyak waktu untuk persiapan. Kami harus tetap bertanding dengan sedikit istirahat di turnamen ini. Selalu ada hal-hal yang biasa dilakukan di latihan, tapi tidak bisa dilakukan di pertandingan," tutur arsitek tim asal Argentina itu.

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Pelatih Persebaya Surabaya, Alfredo Vera. Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTPelatih Persebaya Surabaya, Alfredo Vera.

Di dua laga awal Persebaya dalam Piala Gubernur Kaltim, Alfredo melakukan banyak eksperimen. Dia telah menurunkan 10 pemain yang berbeda dalam starting eleven dari laga sebelumnya, yakni saat melawan Madura United (24/02/18). Hanya Misbakus Solikin saja yang kembali mendapat kepercayaan dua kali turun sebagai starter.