Liga Inggris

Andriy Shevchenko Kritik Penyerang Chelsea Alvaro Morata

Sabtu, 3 Maret 2018 08:41 WIB
Editor: Gerry Crisandy
© AP
Alvaro Morata, penyerang Chelsea Copyright: © AP
Alvaro Morata, penyerang Chelsea

Mantan pemain Chelsea AndriyShevchenko melontarkan kritikan terhadap penyerang muda asal Spanyol milik Chelsaea, Alvaro Morata. Menurutnya, Morata masih harus mengasah ketajamannya di depan gawang.

Kritikan ini bukannya tidak berdasar, sebab pemain yang diboyong dari Real Madrid tersebut kini tengah menjalani puasa gol selama 10 pertandingan. Sebuah catatan kelam yang seharusnya tidak terdapat dalam CV seorang penyerang yang memaksa Chelsea merogoh kocek hingga 70 juta poundsterling tersebut.

Shevchenko yang dianugerahi penghargaan Ballon d'Or pada tahun 2014 tersebut juga pernah memiliki pengalaman yang sama ketika menjadi rekor transfer Chelsea pada tahun 2006. Tiga tahun berseragam biru, Shevchenko gagal memenuhi ekspektasi yang disematkan di pundaknya kala itu.

Dari total 77 penampilannya bersama Chelesa, salah satu maskot sepakbola Ukraina tersebut hanya mampu mengukir 22 gol -- sebuah catatan yang jauh di bawah dengan rekor golnya di AC Milan (175 gol dari 322 pertandingan) dan Dinamo Kyiev (124 dari 249).

© GETTY IMAGES
Caption Copyright: GETTY IMAGESShevchenko ketika masih berseragam Chelsea

"Saya telah cukup banyak melihatnya [Morata]," ujar Shevchenko dikutip dari Goal.

"Ia memiliki banyak peluang [untuk mencetak gol]. Saya pikir Anda harus memperbaiki penyelesaian akhir ketika Anda memiliki kesempatan.

"Sangat baik ketika seorang striker memiliki kesempatan, itu sangat positif. Anda membutuhkannya untuk mencetak gol dan membantu tim menang," tambahnya.

Shevchenko juga menyuarakan pendapatnya mengenai sang pelatih yang juga sedang berada di bawah tekanan, Antonio Conte.

© INDOSPORT
Wajah lesu para pemain Chelsea setelah Lionel Messi merobek gawangnya. Copyright: INDOSPORTWajah lesu para pemain Chelsea setelah Lionel Messi mencetak gol di leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

"Saya pikir ia adalah manajer yang hebat, ia melakukan pekerjaan yang fantastis," tutur pria berusia 41 tahun tersebut. 

"Ini adalah momen yang sulit untuk Chelsea tapi mereka masih memiliki kesempatan untuk lolos ke tahap selanjutnya di Liga Champions, pertandingan melawan Barcelona masih terbuka lebar.

"Ini adalah tantangan berbeda saat ini baginya. Sebuah tim membutuhkan hasil. Anda perlu mendapatkan hasil dan semuanya berubah dengan cepat," tutupnya.

324