Liga Indonesia

Bukan Juara, Ini Target Utama Timnas U-16 di Turnamen Jenesys

Selasa, 6 Maret 2018 21:12 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas U-16 vs Academy Babek Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas U-16 vs Academy Babek

Timnas Indonesia U-16 telah berada di Jepang sejak Selasa (06/03/18) pagi tadi untuk mengikuti Turnamen Jenesys yang berlangsung dari tanggal 8-12 Maret 2018 mendatang. Begitu tiba di Negeri Sakura, rombongan yang terdiri dari 17 pemain dan enam ofisial itu langsung menjalani proses adaptasi sebelum memulai program latihan jelang pertandingan perdana melawan Filipina di Grup B, Kamis (08/03/18) nanti.

Selain Filipina, Timnas U-16 juga akan menantang Kamboja di laga kedua pada Jumat (09/03/18). Bagi Skuat Garuda Asia, Turnamen Jenesys merupakan ajang Internasional pertama yang pertama kali diikuti pada di tahun ini sehingga pelatih kepala, Fakhri Husaini menjadikannya sebagai persiapan menuju rangkaian turnamen penting lainnya di tahun ini seperti Piala AFF U-15 dan Piala AFC U-16.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas U-16 vs Academy Babek Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTTimnas U-16 vs Academy Babek

Untuk alasan tersebut, Fahkri Husaini juga tidak memberikan target tinggi untuk anak asuhnya pada Turnamen Jenesys. Ia lebih memprioritaskan kekompakan tim serta fokus memberikan menit bermain bagi 17 pemain yang diboyong ke Jepang.

"Turnamen Jenesys sebagai ajang uji coba Internasional pertama kami di tahun ini. Ini bagus bagi para pemain untuk menambah jam terbang Internasional mereka. Saya lebih memprioritaskan penampilan tim yang solid dan bagus," kata Fakhri.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas U-16 vs Academy Babek Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTTimnas U-16 vs Academy Babek

Menurut Fakhri, turnamen kali ini akan menjadi bahan evaluasi untuk mematangkan timnya. Pasalnya ia menargetkan untuk menembus babak semifinal Piala Asia U-16 pada September nanti. Jika saja mimpi tersebut tercapai maka Timnas U-16 akan bermain di Piala Dunia U-17 pada 2019 mendatang.

"Target kami adalah masuk empat besar Asia di Piala AFC U-16 bulan September nanti, karena itu bisa membawa kami ke Piala Dunia," tutupnya.

Tercatat ada 12 negara termasuk Indonesia dan Jepang sebagai tuan rumah yang ikut ambil bagian dalam kejuaraan tersebut. Beberapa negara yang ambil bagian adalah Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Singapore, Timor Leste, Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand serta Vietnam.
 

113