In-depth

Berawal dari Kuli, Tangan Dingin Irwan Suryanto Buat Bola Indonesia Tembus Piala Dunia

Rabu, 28 Maret 2018 12:14 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Arah Bola
Irwan Suryanto Copyright: © Arah Bola
Irwan Suryanto

Timnas Indonesia memang tidak ikut serta dalam gelaran Piala Dunia 2018 di Rusia. Namun, bukan berarti kita, masyarakat Indonesia, stop berbangga. Mengapa? karena bola yang akan dipakai di Piala Dunia 2018 merupakan bola produksi yang dibuat oleh perusahaan milik warga Majalengka. 

Yap, bola Telstar yang akan digunakan di Piala Dunia 2018 adalah produk dari salah satu sentra kerajinan bola sepak di Majalengka yang berada di Desa Kadipaten, Kecamatan Kadipaten. Tiga bulan jelang bergulirnya Piala Dunia 2018, bola-bola tersebut kini sudah dipesan untuk meramaikan turnamen tersebut. 

Jumlahnya yang dipesan tak tanggung-tanggung, mencapai ratusan ribu bola. Bola yang dicetak memiliki standar sertifikasi Badan Sepak Bola Dunia (FIFA).

Adalah Irwan Suryanto, Direktur dari PT Sinjaraga Santika Sport, salah satu pioner pengusaha di kawasan tersebut yang bertanggung jawab dalam memproduksi bola untuk Piala Dunia. 

Perusahaan Iwan, PT Sinjaraga Santika Sport (Triple S), berhasil tembus standar FIFA. Ada 20 standar yang ditentukan oleh FIFA, di antaranya adalah lignkarannya, pantulannya, berat, penyerapan air, serta yang pasti daya tahan bola. 

1