Liga Spanyol

Tak Banyak yang Menyadari, Ini 5 Hal Ajaib yang Sudah Dilakukan Barcelona Musim Ini

Rabu, 18 April 2018 05:41 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Getty Image
Saat merayakan gol pertama Copyright: © Getty Image
Saat merayakan gol pertama

Di dalam sepakbola, adalah hal normal bagi klub untuk menghadapi masa-masa sulit. Layaknya kehidupan, perjalanan sebuah klub pun tak selamanya berjalan mulus. Walau tiap klub disebut bisa mengalami masa-masa sulit, ada kondisi yang membedakan klub-klub besar dengan klub-klub kecil. Kondisi itu adalah berupa kemampuan untuk memutarbalikan kondisi yang buruk dan menghasilkan hal yang baik. 

Sepanjang musim ini, Barcelona menghadapi banyak tantangan. Faktanya, klub ini sudah mengalami masa pramusim yang sangat buruk. Tantangan pertama yang didapatkan Barcelona adalah keepergian Neymar Junior ke Paris Saint-Germain.

Kepergian Neymar menimbulkan sejumlah krisis di dalam klub. Sebagian menyalahkan Neymar karena tidak setia, sebagian menyalahkan jajaran manajemen. Tak cukup sampai situ, Blaugrana juga mengalami kekecewaan yang berasal dari pertandingan-pertandingan  yang mereka jalani.

Di awal musim, Barcelona dibantai oleh rival abadinya, Real Madrid, di Piala Super Spanyol dengan skor telak 5-1. Sontak, para penonton pun tak terima atas hasil ini. Mereka melancarkan kritik dan protes. Namun, tak sampai empat bulan, kondisi kembali kondusif dan Barca bisa menunjukan bahwa mereka mampu untuk menjuarai La Liga dan Copa del Rey. 

Ujian kembali datang kala Barca disingkirkan secara dramatis oleh AS Roma. Kapal yang dinahkodai Lionel Messi pun sempat oleng. Namun, kesempurnaan tak selamanya ada di Barca. Ada kalanya klub peraih dua kali treble winner ini tidak memenangi tiap kejuaraan yang diikutinya. Walau begitu, Barca tetaplah Barca. Ada pencapaian luar biasa yang dimilikinya di tiap musim.

Ini 5 hal menakjubkan yang sudah dilakukan Barcelona musim ini

97