Bola Internasional

Profil Tim Piala Dunia 2018: Belgia

Kamis, 10 Mei 2018 16:21 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis:Yanto/Football265.com
Timnas Sepakbola Belgia PD 2018 Copyright: © Grafis:Yanto/Football265.com
Timnas Sepakbola Belgia PD 2018

Belgia menjadi salah satu kekuatan baru di sepakbola dunia. Setelah lama menjadi tim 'penggembira' di kejuaraan seperti Piala Dunia dan Piala Eropa, dalam enam tahun terakhir mereka berhasil menjelma menjadi tim yang disegani di dunia. 

Sejatinya Timnas Belgia cukup sering masuk Piala Dunia. Tercatat, Belgia sudah 12 kali masuk ke kejuaraan empat tahunan itu. Namun, mereka lebih sering terhenti di babak grup atau ronde satu. Walau begitu, mereka sempat tercatat sebagai semifinalis di tahun 1986. 

Kini, setelah lepas dari bayang-bayang kedigdayaan Belanda, Belgia perlahan mulai dimasukan ke dalam tim unggulan di setiap turnamen. Di Piala Dunia 2014 dan Piala Eropa 2016, Timnas Belgia dipertimbangkan sebagai tim kandidat juara. Bahkan, di Piala Dunia 2014, mereka bisa tembus perempatfinal sebelum dihentikan oleh Argentina. 

Dalam ranking FIFA, peringkat Belgia juga selalu konsisten di 10 besar. Bahkan, dari daftar peringkat FIFA terakhir bulan April 2018, Timnas Belgia ada di posisi tiga di bawah juara dunia Jerman (satu) dan Brasil (dua). Tentunya ini sebuah prestasi luar biasa yang bahkan tidak bisa disamai oleh Belanda dalam beberapa dekade terakhir. Belgia berhasil melangkahi negara-negara yang terkenal kuat dalam sepakbola seperti Argentina, Spanyol, Inggris, hingga Italia. 

Kehebatan Belgia ini sejatinya tak terlepas dari angkatan emas yang sedang berjalan di dalam tim. Saat ini Belgia memiliki skuat yang bisa dibilang adalah yang terbaik dalam sejarah mereka. Hampir semua pemain inti Belgia merupakan bintang di klubnya masing-masing. Nama-nama seperti Eden Hazard (Chelsea), Ousman Dembele (Barcelona), Romelu Lukaku (Man United), hingga Kevin De Bruyne (Man City) merupakan bintang-bintang dunia yang mengisi skuat Timnas Belgia. Wajar rasanya jika prestasi tim melonjak dengan daftar pemain seperti ini. 

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai Timnas Belgia, di bawah ini INDOSPORT akan menyajikan secara lebih mendalam perkiraan skuat, starting IX, dan juga pemain yang diprediksi akan bersinar di Timnas Belgia.

668