Bola Internasional

Jadi Pelatih Kamboja untuk Piala AFF 2018, Honda Tak Digaji

Senin, 13 Agustus 2018 10:48 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Four Four Two
Gelandang Timnas Jepang, Keisuke Honda Copyright: © Four Four Two
Gelandang Timnas Jepang, Keisuke Honda

FOOTBALL265.COM - Kabar mengejutkan datang dari Kamboja, di mana eks pilar andalan timnas Jepang, Keisuke Honda resmi diangkat oleh federasi sepak bola setempat untuk menjadi manajer timnas Kamboja.

Penunjukan tersebut memungkinkan Honda akan mendampingi Kamboja di Piala AFF 2018. Di grup itu Kamboja akan menghadapi Vietnam, Maynmar, Malaysia, dan Laos.

Tugas Honda untuk memimpin pasukan Kamboja akan sedikit sulit. Pasalnya, ia baru saja meneken kontrak untuk memperkuat klub Australia, Melbourne Victory.

“Saya memiliki kontrak dua tahun tetapi sebenarnya itu seperti tidak ada kontrak," kata Honda seperti dikutip dari Khmertimeskh.

“Saya tidak akan hadir di semua pertandingan, tetapi Melbourne (Victory) tahu situasinya dan mengerti pilihan saya. Saya harap saya bisa berada di sini (Kamboja) berkali-kali," lanjutnya.

Namun siapa sangka, Honda tak akan digaji oleh federasi sepak bola Kamboja atas tugasnya tersebut. Menurut Presiden Federasi Sepak Bola Kamboja, Sao Sokha, Honda akan bekerja tanpa digaji. Kendati demikian, pihak kamboja akan membayar semua perjalanan dan akomodasi.

© Instagram/Cambodianationalteam
Keisuka Honda dilantik sebagai pelatih Timnas Kamboja untuk Piala AFF 2018. Copyright: Instagram/CambodianationalteamKeisuka Honda dilantik sebagai pelatih Timnas Kamboja untuk Piala AFF 2018.

"Dia dengan murah hati menjadi sukarelawan waktunya untuk membantu tetapi Federasi Kamboja akan membayar semua biaya perjalanan, akomodasi, dan biaya kerja," kata Sao Sokha seperti dikutip dari Khmertimeskh.

Lantaran masih menjadi pemain Melbourne Victory, ia akan mengatur jadwal agar bisa membagi waktu antara menjadi pemain sekaligus pelatih. Secara teknis Honda akan memberikan pengarahan melalui video conference setiap satu minggu sekali bersama tim Kamboja.

Pada ajang Piala AFF 2018 dan SEA Games 2023, kemungkinan besar pelatih kepala tetap akan dipegang oleh juru racik asal Argentina, Argentina Felix Agustín Gonzalez Dalmas.

Honda akan berperan sebagai manajer yang memberi saran taktis lantaran belum adanya lisensi yang cukup sebagai pelatih.

 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Terus Ikuti Berita Terbaru Seputar Perkembangan Bola Internasional Hanya di INDOSPORT.