Liga Indonesia

3 Pemain Muda Indonesia yang Layak Merumput di Luar Negeri

Rabu, 5 September 2018 06:37 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Rafif Rahedian
© Fitra Herdian/Indosport
Saddil Ramdani melakukan selebrasi usai mencetak gol pada menit ke-71. Copyright: © Fitra Herdian/Indosport
Saddil Ramdani melakukan selebrasi usai mencetak gol pada menit ke-71.

INDOSPORT.com – Indonesia memiliki segudang pemain muda berbakat. Sayang apabila talenta tersebut tidak diasah dengan pengalaman berkompetisi di luar negeri.

Sejumlah bintang sepak bola muda Indonesia tengah berjuang di luar Indonesia. Ada yang hijrah ke negeri tetangga, ada pula yang melanglang buana sampai ke Eropa.

Namun demikian, masih banyak pemain muda potensial yang layak bermain di luar Indonesia. Kemampuannya akan lebih terasah jika diberi jam terbang baru di level kompetisi yang berbeda dari Indonesia.

Selain mendapatkan pengalaman bertanding di negeri orang, mereka juga dapat merasakan atmosfer liga, pola latihan dan permainan, serta insfrastruktur yang tidak bisa diperoleh di Indonesia.

Bermain di luar negeri sedikit banyak memberikan dampak terhadap pemain Indonesia. Andik Vermansyah, Evan Dimas Darmono, Egy Maulana Vikri, Yanto Basna, dan Ryuji Utomo telah membuktikan hal tersebut.

Tidak melulu ke Eropa, Asia Tenggara atau kawasan Asia lainnya juga cukup kompetitif untuk level pemain muda Indonesia saat ini. Dengan demikian, masa muda mereka dapat berkembang dengan pengalaman bertanding di level internasional.

Berikut INDOSPORT memilih 3 pesepak bola muda Indonesia yang layak merumput di luar negeri.

736