Liga Indonesia

Pembobol Gawang Timnas Jepang Ini Optimis Tak Terdegradasi dari Timnas U-19

Selasa, 18 September 2018 15:03 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Yohanes Ishak
© Abdurrahman Ranala/INDOSPORT
Aji Kusuma merayakan golnya ke gawang Jepang U-19. Copyright: © Abdurrahman Ranala/INDOSPORT
Aji Kusuma merayakan golnya ke gawang Jepang U-19.

FOOTBALL265.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri telah menegaskan akan ada pencoretan maupun nama baru yang masuk menjelang keikutsertaan di Piala Asia U-19 Oktober nanti.

Hal itu memang dilakukan untuk memberikan kesempatan pada pemain yang berkembang atau tampil bagus di klub, sekaligus menutupi kekurangan di kubu skuat Garuda Nusantara.

Kendati demikian, pernyataan Indra Sjafri itu tak membuat gentar salah satu penyerang Timnas U-19, Aji Kusuma yang saat ini tengah ikut pemusatan latihan di Jakarta.

Secara terbuka, pemain milik klub Liga 2, Persika Karawang itu mengatakan siap bersaing dengan rekannya yang lain dan optimis dibawa serta ke ajang Piala Asia U-19.

"Kalau persaingan di posisi depan memang semakin ketat. Ada pemain yang masuk dan ada yang pergi. Tapi saya optimistis (bisa bertahan)," tegasnya.

Lebih lanjut, striker yang dua kali sukses menjebol gawang Timnas Jepang U-19 pada uji coba Maret lalu (sekali saat Timnas U-19 kalah 1-4 dari Jepang dan satu lainnya saat bermain bagi Persika ketika kalah 2-3 dari Jepang U-19) menjelaskan saat ini kondisi tim sudah sangat kompak.

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Aji Kusuma di kawal dua pemain Thailand sekaligus. Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTAji Kusuma di kawal dua pemain Thailand sekaligus.

Adaptasi di dalam dan di luar lapangan pun berjalan baik sehingga semua pemain sudah siap berlaga di Piala Asia U-19 bulan depan.

"Tidak ada kesulitan sih, adaptasi juga lancar. Kita sudah sebulan kumpul, pemain makin kompak. Kekeluargaan sudah bagus sih secara tim," tutupnya.

Di lini depan Timnas Indonesia, Aji Kusuma tentu akan bersaing dengan dua nama lainnya yang kerap menjadi pilihan yakni Hanis Saghara dan Rafli Mursalim.

Namun, tentu dengan kerja keras dan semangat pantang menyerang, bukan tidak mungkin Aji akan jadi salah satu pain yang di boyong Indra Sjafri.

Sebagai informasi, jika ingin membuktikan diri layak dimasukkan dalam skuat Piala Asia U-19, Aji Kusuma harus bisa tampil bagus dalam dua laga uji coba di akhir bulan ini. Pasalnya, skuat Garuda Nusantara akan melawan China dan Thailand dalam turnamen segitiga di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.