Liga Indonesia

Dikalahkan Arema FC, Pelatih Persebaya Sesalkan Kinerja Wasit

Sabtu, 6 Oktober 2018 20:14 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Isman Fadil
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Djajang Nurdjaman turun dari kendaraan rantis. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Djajang Nurdjaman turun dari kendaraan rantis.

INDOSPORT.COM - Persebaya Surabaya harus mengakui keunggulan Arema FC 0-1 lanjutan Liga 1 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (06/10/18). Bajul Ijo kecolongan lewat gol sepakan keras Hardianto di menit ke-70 hasil eksekusi tendangan bebas Makan Konate.

Pelatih Persebaya Djajang Nurdjaman mengakui kekalahan timnya dengan lapang dada. Hanya saja dirinya mengaku masih belum puas dengan keputusan wasit, Dodi Setia Purnama. Pria yang karib disapa Djanur ini merasa keberatan dengan hadiah tendangan bebas yang diberikan oleh wasit asal Jawa Barat itu kepada tim tuan rumah. Menurutnya pelanggaran itu dirasa Djanur kurang tepat.

"Mungkin setelah laga ini bisa dilihat ulang lagi, tidak ada sentuhan dari Abu Rizal 'Rodeg' Maulana. Tapi kok kita yang kena pelanggaran," ujar pelatih asal Majalengka itu.

Mantan pelatih PSMS Medan dan Persib Bandung ini menilai wasit Dodi Setia Purnama kurang cermat dalam mengambil keputusan sehingga menguntungkan Arema FC. 

"Wasit saya kira kurang cermat dan kurang teliti dalam melihat pergerakan pemain, sehingga kurang adil dan lebih meringankan tuan rumah," lanjut Djanur.

Sementara itu pemain Persebaya Surabaya Misbakhus Solikin juga mengatakan hal yang serupa dengan sang pelatih. Pemain yang berposisi gelandang ini menganggap wasit yang memimpin jalannya laga Arema FC vs Persebaya Surabaya merugikan timnya dengan keputusannya yang keliru. 

"Saya lihat sendiri, karena posisi saya di depan dan tidak terlalu jauh dari wasit. Saya merasa tidak ada sentuhan yang akhirnya menjadi pelanggaran," ungkap pemain yang baru saja menikahi Bonita ini.

Alhasil dari keputusan wasit yang sedikit berat sebelah itu membuat pola permainan Misbakhus Solikin dan kolega sedikit lengah. Padahal di awal menit babak pertama Persebaya Surabaya mampu mengimbangi permainan Arema FC.

Kekalahan ini membuat posisi Persebaya Surabaya turun ke peringkat 12 dengan 29 poin. Sementara Arema FC naik dua peringkat ke posisi 11 klasemen sementara Liga 1 2018 hingga pekan ke-24.

Terus Ikuti Berita Olahraga dan Sepak Bola Liga Indonesia Hanya di FOOTBALL265.COM.