Bola Internasional

Stonewall FC, Klub Sepak Bola LGBT Tersukses di Dunia

Minggu, 14 Oktober 2018 15:02 WIB
Penulis: Dimas Ramadhan Wicaksana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© The Set Pieces
Stone Wall FC. Copyright: © The Set Pieces
Stone Wall FC.

FOOTBALL265.COM - Tak banyak yang tahu, di daratan Eropa khususnya Britania ternyata ada sebuah klub sepak bola  berlandaskan komunitas Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) yang sukses di dunia.

Di luar negeri khususnya daratan Eropa, mungkin mereka yang menyukai sesama jenis bukanlah hal yang tabu. Banyak orang yang mengaku bahkan bangga kalau ternyata dirinya merupakan seseorang yang menyukai sesama jenis.

Tidak hanya di kalangan masyarakat, LGBT nyatanya juga meranah hingga olahraga sepak bola. Sebuah 'sejarah' terlahir pada 27 tahun yang lalu, atau tepatnya tahun 1991 di sebuah daerah bernama Barnes, Inggris.

Di daerah tersebut, terdapat sebuah bar yang berisikan khusus kaum gay. Kentalnya olahraga sepak bola di Tanah Inggris, membuat kaum-kaum gay di bar tersebut kerap membahas isu sepak bola.

Hal inilah yang mendasari terciptanya sebuah klub sepak bola di bar tersebut. Beberapa anggota-anggotabar itu pun sepakat untuk membuat sebuah klub sepak bola bernama Stonewall FC.

Adalah Aslie Pitter, seorang pemain sepak bola amatir yang berhasil mencetuskan Stonewall FC dan hingga menjadi klub sepak bola seperti saat ini, seperti dilansir dari The FA.

Klub asal Barnes tersebut menjadi klub gay pertama di Tanah Britania Raya. Tahun demi tahun pun berhasil mereka lewati hingga saat ini dikenal sebagai klub sepak bola gay tersukses di dunia.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Stonewall FC (@stonewallfootballclub) on

Klub yang bermarkas di Barn Elms Playing Fields, Barnes, ini memang bukan sembarang klub. Stonewall FC diketahui berkompetisi dalam liga Middlesex Country League, yang merupakan kasta ke-11 dalam kompetisi liga sepak bola di Inggris.

Stonewall pernah menjadi juara di liga Middlesex Country League divisi senior pada musim 2001/2002. Selain itu juga pernah menyandang status runner-up di liga dengan nama yang sama, namun divisi satunya sebanyak tiga kali.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Stonewall FC (@stonewallfootballclub) on

Dalam dunia sepak bola homoseksual, Stonewall FC merupakan klub tersukses dengan meraih tujuh gelar dan sekali runner-up Piala Dunia Gay dan Lesbian. Mereka meraih piala tersebut pada tahun 1995, 2000, 2001, 2002, 2006, 2008, dan 2009.

Sekadar informasi, Stonewall FC juga pernah melakoni laga uji coba melawan salah satu klub top Inggris, Manchester United. Pertandingan tersebut digelar pada 2016 lalu dalam rangka ulang tahun Stonewall FC yang ke-25 tahun.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT

98