Bola Internasional

Piala AFF 2018: Reaksi 'Aneh' Fans Saat Filipina Tumbangkan Singapura

Rabu, 14 November 2018 05:55 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Rafif Rahedian
© The National.ae
Phil Younghusband, kapten Timnas Filipina, jalani laga internasional ke-100. Copyright: © The National.ae
Phil Younghusband, kapten Timnas Filipina, jalani laga internasional ke-100.

INDOSPORT - Filipina meraih kemenangan perdana di laga penyisihan grup Piala AFF 2018 dengan mengalahkan tamunya Singapura 1-0 di Manila, Selasa (13/11/18) di Panaad.

Pertandingan berjalan cukup ketat dengan tanpa gol di babak pertama. The Azkals berhasil membuka keran gol 11 menit jelang bubaran lewat gol Patrick Reichelt. Laga ini juga berarti bagi pemain senior Phil Younghusband karena laga tersebut adalah laga internasional ke-100 baginya.

Seperti biasa, Twitter dibanjiri oleh beragam komentar, baik dari fans Filipina maupun Singapura. Namun, ada yang aneh dari cuitan para netizen. Jika biasanya suporter tim yang menang memuji setinggi langit tim idolanya, namun kali ini justru sebaliknya.

Sementara suporter Young Lions lebih legowo, ikhlas menerima kekalahan dan cukup puas dengan penampilan Singapura yang di laga awal mengalahkan Timnas Indonesia 1-0 ini. Berikut beberapa cuitan sebagaimana dilansir Fox Sports Asia.

"Mengecewakan. Penguasaan bola 63 persen tapi hanya 7 tembakan yang tidak tepat sasaran," cuit akun salah satu suporter Filipina @kennjaramilla.

Sementara suporter Singapura justru memuji penampilan timnya walau kalah. Padahal secara statistik tim asuhan Fandi Ahmad hanya melepaskan empat tembakan, tetapi tidak ada yang tepat sasaran.

"Penampilan yang cukup solid dari Singapura. Bisa menahan Filipina. Gabriel Quak mengalami kemajuan sejak main di Thailand walau sebentar. Safuwan dengan tekel penyelamatan golnya juga berdampak positif," cuit akun @DieHardCFCFan.

Sementara Indonesia berhasil menang 3-1 atas Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di hari yang sama. Ada kejadian menarik saat SUGBK yang biasanya penuh saat tim nasional bertanding, kali ini justru sepi karena aksi memboikot dalam bentuk kekecewaan kepada PSSI.

Dengan hasil ini, untuk sementara Indonesia diuntungkan karena Singapura tidak memimpin klasemen sementara grup. Sementara masih ada ganjalan lagi yaitu juara bertahan Thailand. Indonesia akan berhadapan dengan Tim Gajah Putih di Bangkok pada Sabtu mendatang (17/11/18).