Liga Inggris

Dipecat, Jose Mourinho Tak Lebih Baik dari Moyes dan Van Gaal?

Selasa, 18 Desember 2018 17:56 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Chris Brunskill Ltd/Getty Images
Pelatih Man United, Jose Mourinho termanyun. Copyright: © Chris Brunskill Ltd/Getty Images
Pelatih Man United, Jose Mourinho termanyun.

FOOTBALL265.COM - Beberapa jam yang lalu, secara mengejutkan Manchester United mengumumkan jika pelatih mereka, Jose Mourinho telah mengundurkan diri.

Meski demikian, banyak yang menilai jika pelatih asal Portugal itu sebenarnya jabatannya dicopot oleh manajemen Manchester United alias dipecat.

Bagi penggemar sepak bola sejati, dipecatnya Mourinho sepertinya bukan hal yang baru karena memang dalam beberapa musim terakhir, ia selalu dipecat di setiap musim ketiganya.

Dapat dikatakan, Mourinho tak lebih baik dengan 2 suksesor sebelumnya, yakni David Moyes dan Louis van Gaal. Bagaimana bisa?

Padahal, pada musim pertamanya, Mourinho memberikan 3 gelar untuk The Red Devils, mulai dari Community Shield, Liga Europa, dan Piala Liga Inggris.

© Amin Mohammad Jamali/Getty Images
Pelatih Man United, Jose Mourinho, tengah memeluk trofi Liga Europa musim 2016/17. Copyright: Amin Mohammad Jamali/Getty ImagesPelatih Man United, Jose Mourinho, tengah memeluk trofi Liga Europa musim 2016/17.

Lalu mengapa Mourinho dibilang tak lebih baik dari Moyes dan van Gaal? Jika dibandingkan dengan keduanya di United, bisa dikatakan usia Mourinho di Man United memang lebih panjang.

© INDOSPORT
David Moyes resmi menjadi pelatih West Ham United. Copyright: INDOSPORTDavid Moyes, mantan pelatih Manchester United.

Hanya saja nasibnya lebih buruk, Moyes dan Van Gaal meski gagal mendongkrak performa Man United, setidaknya mereka masih diberikan kesempatan hingga akhir musim baru mereka dipecat.

Sementara Mourinho? Musim 2018/19 ini baru memasuki tahap tengah musim, namun tim manajemen tidak memberikan kepercayaan penuh kepadanya.

© Fox Sport
Louis Van Gaal Copyright: Fox SportLouis Van Gaal, pelatih terakhir Manchester United sebelum Jose Mourinho.

Padahal, jika bicara gelar, Mourinho jelas lebih banyak dibandingkan keduanya. Namun harus diakui, bersama mantan pelatih Chelsea dan Real Madrid itu, performa Man United memang benar-benar jauh dari kata memuaskan.

Bahkan, di saat tim sedang membutuhkan kemenangan pada laga-laga genting, Mourinho tak menurunkan pemain penting, misal Paul Pogba dalam laga melawan Arsenal dan Liverpool.

Apalagi, manajemen sudah mengeluarkan banyak uang untuk memulangkan kembali pemain asal Prancis tersebut dari Juventus.

Ikuti terus berita Liga Inggris di FOOTBALL265.COM

1