Liga Indonesia

Takluk di Final Piala AFF 2010, Maman Abudarahman Akui Itu Kesalahannya

Sabtu, 22 Desember 2018 10:18 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

FOOTBALL265.COM - Publik pencinta sepak bola Indonesia sempat dihebohkan dengan rumor pengaturan skor, yang diduga telah dilakukan pemain Timnas Indonesia dalam gelaran Piala AFF 2010 lalu.

Seperti diketahui sebelumnya jika pada ajang Piala AFF 2010 lalu, Timnas sepak bola Indonesia bertemu dengan Malaysia di Final namun mereka takluk 0-3 di leg pertama, dan membuat asa Garuda meraih gelar perdan AFF pupus meski leg kedua berhasil menang 2-1.

Selepas pertandingan final leg pertama di Malaysia, ramai opini yang menyebut Maman Abdurahman telah disuap untuk sengaja memberikan peluang pemain Malaysia dalam mencetak gol.

Namun setelah sekian lama, Maman Abdurahman akhirnya buka suara terkait kasus delapan tahun lalu tersebut dan menyebut jika gol pertama Malaysia itu murni kesalahanya.

Melansir dari wawancara di chanel Youtube Najwa Shihab dalam program Narasi TV, Maman beserta dua punggawa Timnas di Piala AFF 2010 lalu diundang untuk memberikan tanggapan terkait kasus pengaturan skor yang ramai diperbincangkan saat ini.

Dalam kesempatan tersebut, Maman menjelaskan jika gol pertama Malaysia memang benar kesalahan teknis yang ia lakukan dan tak ada sangkut pautnya dengan kasus pengaturan skor.

"Pertama itu kesalahan saya, itu murni kesalahan saya. Tidak ada unsur apapun dari kesalahan itu." ucap Maman Abdurahman dalam wawancara itu.

Dirinya pun menjelaskan jika dalam laga final lalu ia berusaha untuk menutup pergerakan pemain Malaysia, namun pemain lawan mampu menghindar dan akhirnya berhasil mengirim umpan.

Sebelumnya, Maman sempat mengaku sangat kaget namanya dikaitkan sebagai pelaku pengaturan skor di final leg pertama Piala AFF 2010 melawan Malaysia. Ia mengatakan tuduhan itu tidak berdasar dan seolah menjadi fitnah yang ditujukan kepadanya. 

"Ada berita saya dan itu fitnah dan saya kaget, tiba-tiba Instagram saya ramai. Saya yakin seperti penjelasan pertama bahwa tidaklah benar (tuduhan pengaturan skor) dan sehubungan dengan opini yang berkembang setelah tayangan Mata Najwa," ujar Maman saat memberikan keterangan pers, Kamis (20/12/18) di Jakarta Pusat.

"Saya juga bukan berarti menyebut bapak Andi Darussalam menyalahkan saya karena saya hanya bilang itu opini yang berkembang di masyarakat dan saya banyak sekali di serang (di Instagram)."

"Gara-gara itu, saya nambah followers banyak. Tapi demi Allah saya tak melakukan apa-apa. Saya punya keluarga punya anak-anak (jadi terganggu)," imbuh Maman.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT