Liga Inggris

Zola: Morata Akan Kembali Tajam Jika Mampu Atasi Hal Ini

Sabtu, 5 Januari 2019 17:46 WIB
Penulis: Riski Francisko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images/Catherine Ivill
Alvaro Morata mencetak dua gol untuk Chelsea saat mengalahkan Crystal Palace 3-1. Copyright: © Getty Images/Catherine Ivill
Alvaro Morata mencetak dua gol untuk Chelsea saat mengalahkan Crystal Palace 3-1.

FOOTBALL265.COM – Asisten pelatih klub sepak bola Chelsea, Gianfranco Zola, buka suar tentang kurangnya ketajaman Alvaro Morata. Menurutnya, sang striker harus lebih meningkatkan kemampuan taktiknya.

Musim ini Morata telah bermain sebanyak 16 kali di Liga Inggris, namun ia hanya mampu mencetak lima gol. Bahkan, terakhir kali Morata mencetak gol adalah pada 4 November 2018.

Jumlah gol tersebut tentu sangat minim untuk seorang penyerang murni. Dalam beberapa pertandingan sepak bola, pelatih Chelsea, Maurizio Sarri bahkan terpaksa harus menempatkan Eden Hazard sebagai ujung tombak.

Kapasitas Morata sebagai juru gedor kemudian dipertanyakan. Namun, Zola justru menganggap tak ada yang kurang dari Morata secara teknik –ia tetap merupakan striker dengan skill mumpuni.

“Kemampuan teknik Morata membuat kami yakin dia adalah pemain bernomor sembilan yang sempurna untuk kami –itulah sebabnya kami berinvestasi besar untuk mendatangkannya,” ujar Zola, dikutip dari  laman berita olahraga Metro.

Setali tiga uang dengan Zola, Sarri pun berpendapat demikian. Ia tak menyangkal bahwa kemampuan teknik Morata membuatnya menjadi salah satu pemain  sepak bola terbaik di posisinya.

Hal itu yang membuat Chelsea tak segan untuk menggelontorkan dana sebesar 60 juta poundsterling (sekitar Rp1 triliun) pada Real Madrid untuk membyongnya pada tahun 2017. Namun, Zola mulai berpikir skill saja tidak cukup untuk menjadi striker hebat.

“Menurut saya, dia harus sedikit meningkatkan kemampuannya membaca taktik (dari pelatih). Karena sekarang, sepak bola telah menjadi permainan yang sangat terorganisasi. Kau harus lebih baik secara taktik –kemampuan (individu) saja tidaklah cukup,” terangnya.

Chelsea akan menjalani laga di ajang Piala FA melawan Nottingham Forest nanti malam. Jika diturunkan, pertandingan ini bisa menjadi ajang bagi Morata untuk membuktikan kelayakannya sebagai seorang striker.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di FOOTBALL265.COM