Liga Indonesia

Syarat Persija Jakarta Dapatkan IPO Agar Bisa Terjun ke Bursa Saham

Selasa, 12 Februari 2019 17:30 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Grafis: Yuhariyanto/indosport.com
Logo Persija Jakarta Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/indosport.com
Logo Persija Jakarta

FOOTBALL265.COM - Klub sepak bola Indonesia, Persija Jakarta saat ini mewacanakan untuk melepas sahamnya ke publik agar bisa terjun ke bursa saham. Tapi ada syarat untuk dapatkan Initial Public Offering (IPO).

Untuk mendapatkan hal tersebut, Persija Jakarta mesti memenuhi sejunlah syarat untuk sahamnya tercatat di BEI mulai dari sisi bentuk badan hukum, masa operasional, laba usaha, aset bersih yang dapat diukur (net tangible aset), dan pendapat laporan keuangan audit dua tahun terakhir.

"Sekarang persyaratannya sama, tidak ada pembedaan secara khusus. Nanti apakah mereka layak katakanlah di papan utama atau pengembangan, kami lihat prosesnya," papar Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi dikutip dari Antara di Jakarta, Senin (11/02/19).

Baginya, wacana yang dicetuskan Persija Jakarta ini mampu membuat klub-klub sepak bola Indonesia terinspirasi. Apalagi Macan Kemayoran saat ini memiliki basis suporter yang besar di mata publik.

"Di balik penggemar yang besar itu, ada nilai bagus karena fanatisme publik pendukungnya. Sebetulnya secara prospek pertumbuhan jangka panjang itu cukup menjanjikan," tambah Fawzi.

Terakhir, tinggal bagaimana tata kelola Persija Jakarta dan transparansi informasi ke publik, terutama dalam konteks kinerja keuangan harus mulai dibenahi dari sekarang.

Sekadar mengingatkan kalau rencana klub yabg berdiri pada 1928 ini terjun ke bursa saham disampaikan langsung oleh Direktur Utama Persija Jakarta yang baru, Kokoh Afiat.

“Dengan berada di bursa saham, masyarakat dapat mengikuti saham Persija dan menjadi lebih percaya tata kelola di dalam klub. Mudah-mudahan langkah ini menular ke klub Indonesia lainnya,” papar Kokoh, Sabtu (09/02/19).

Terus Ikuti Berita Persija dan Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

156