Bola Internasional

Fakta Damir Skomina, Wasit Slovenia yang Rugikan Klub Inggris kecuali Man United

Kamis, 7 Maret 2019 10:44 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Damir Skomina (kanan) bersama Kylian Mbappe Copyright: © INDOSPORT
Damir Skomina (kanan) bersama Kylian Mbappe

FOOTBALL265.COM - Sejumlah fakta menarik dan mengejutkan berhasil terjadi seusai laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2018/19 antara Paris Saint-Germain (PSG) vs Manchester United pada Kamis (07/03/19) dini hari WIB. 

Salah satunya adalah fakta bahwa wasit yang memimpin laga semalam sering merugikan tim asal Inggris kecuali The Red Devils. Benarkah?

Kontroversi di laga PSG vs Manchester United sendiri terjadi jelang laga berakhir, saat wasit Damir Skomina memberikan tendangan penalti kepada Manchester United. Padahal sebelumnya ia lebih dulu memberi tanda untuk melakukan sepakan pojok.

Rashford yang mengambil eksekusi pun sukses menjalankan tugasnya, dan membuat skor 1-3 bagi keunggulan Man United.

© INDOSPORT
Damir Skomina di laga PSG vs Man United Copyright: INDOSPORTDamir Skomina di laga PSG vs Man United

Meski secara agregat kedua tim sama 3-3 (leg pertama Man United kalah 0-2), namun skuat Ole Gunnar Solskjaer berhak lolos lantaran unggul produktivitas gol tandang.

Selepas laga, wasit Damir Skomina menjadi perbincangan lantaran keputusannya yang dianggap merugikan tim tuan rumah PSG.

Sebuah fakta mengejutkan pun berhasil dirangkum, di mana sepanjang kariernya memimpin pertandingan wasit asal Slovenia ini selalu memberikan kerugian kepada tim Inggris, namun tidak kepada Man United dan Arsenal.

Tercatat Damir Skomina telah memimpin laga sebanyak 33 pertandingan untuk tim dari Liga Inggris, sebanyak 16 laga diantaranya berakhir dengan kekalahan.

© INDOSPORT
Damir Skomina di laga PSG vs Man United Copyright: INDOSPORTDamir Skomina di laga PSG vs Man United berhadapan dengan Thomas Tuchel.

Dari laga yang dipimpin tersebut, Manchester United dan Arsenal mempunyai rekor kemenangan paling tinggi ketimbang tim lain seperti Liverpool, Manchester City, dan Chelsea.

Di mana dari lima liga Manchester United yang ia pimpin, tiga kemenangan berhasil diraih dan hanya menerima satu kekalahan, ternasuk dalam laga final Liga Europa musim 2016/17 lalu saat Man United sukses membekuk Ajax dengan skor 2-0

Berbanding terbalik dengan Liverpool, di mana dari lima pertandingan hanya satu yang berhasil dimenangkan sedangkan sisanya berakhir kekalahan.

© INDOSPORT
Damir Skomina di laga PSG vs Man United Copyright: INDOSPORTDamir Skomina di laga PSG vs Man United

Sama halnya dengan Manchester City, yang hanya bisa meraih satu kemenangan dan empat kekalahan dari lima laga. Bedanya Damir Skomina lebih sering memberikan kartu kuning dalam pertandingan yang melibatkan The Citizens.

Tak hanya Manchester United, raksasa London yakni Arsenal pun dianggap sering diuntungkan wasit berumur 42 tahun ini. Di mana dalam 3 pertandingan, The Gunners tak pernah menelan kekalahan dengan raihan kemenangan sempurna.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Champions Lainnya di FOOTBALL265.COM

2.9K