Bola Internasional

Miris! Timnas Indonesia Tak Diundang ke Turnamen Bergengsi di Thailand

Selasa, 19 Maret 2019 13:05 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
 Copyright:

FOOTBALL265.COM - Kabar mengejutkan datang dari turnamen bergengsi sepak bola Thailand, King's Cup 2019. Yaitu, Timnas Indonesia senior tidak diundang ke turnamen tersebut.

King's Cup sendiri merupakan turnamen antar negara yang cukup bergengsi dan digelar oleh Federasi Sepak Bola Thailand yang pertama kali diadakan pada tahun 1968 silam.

Turnamen ini cukup bergengsi pasalnya negara-negara besar sepak bola seperti Polandia, Korea Selatan, Jerman, Jepang, Brasil, Denmark dan Swedia pernah ikut serta.

Timnas Indonesia sendiri sebenarnya pernah diundang ke King's Cup sebanyak enam kali. Bahkan juara pertama turnamen ini adalah Timnas Indonesia pada tahun 1986 silam.

Timnas Indonesia pun terakhir kali ikut King's Cup pada tahun 1987 silam. Setelah itu, tidak pernah sekali pun diundang karena kiprah Timnas Indonesia yang dinilai makin memburuk.

Berharap diundang kembali dan bersaing dengan negara-negara di luar Asia Tenggara, Timnas Indonesia ternyata lagi-lagi tak diundang oleh Thailand.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Para pemain Timnas Indonesia tertunduk lesu usai melawan Filipina. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPara pemain Timnas Indonesia tertunduk lesu usai melawan Filipina.

Menurut rilis yang ada di aseanfootball.org, Thailand lebih memilih Vietnam sebagai wakil Asia Tenggara. Diyakini karena Vietnam merupakan negara dengan penampilan terbaik belakangan ini.

Dengan total empat tim yang mengikuti King's Cup setiap tahunnya, dua negara lainnya adalah China dan india. Turnamen ini akan diselenggarakan di Bangkok pada tanggal 5-8 Juni 2019 mendatang.

Jika menengok pada perkembangan sepak bola negaranya, nampaknya tidak diundangnya Timnas Indonesia ke turnamen ini cukup mengherankan. Pasalnya sepak bola Indonesia, khususnya Liga 1 2018 cukup menarik perhatian dunia.

Oktober 2018 lalu, Federasi Sepak Bola Asia (AFC) bersama Sports Industry Awards (SPIA) memasukkan Liga 1 2018 sebagai salah satu dari 10 liga untuk penghargaan Best Developing Football League of the Year 2018.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Informasi Seputar Timnas Indonesia di INDOSPORT

1.7K