Liga Inggris

Jadi Andalan di Liverpool, Van Dijk Harus Berterima Kasih Pada Eks Pelatih Timnas Indonesia

Selasa, 2 April 2019 16:42 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Express/Gettyimage/sidomi
Virgil van Dijk dan Pieter Huistra Copyright: © Express/Gettyimage/sidomi
Virgil van Dijk dan Pieter Huistra

FOOTBALL265.COM - Jadi sorotan bersama Liverpool hingga digadang sebagai calon pemain terbaik Liga Inggris 2018/19, ternyata Virgil van Dijk ditemukan oleh eks pelatih Timnas Indonesia Pieter Huistra.

Dengan skil dan jiwa kepemimpinannya, Van Dijk membawa Liverpool menjadi tim dengan pertahanan terbaik di Liga Primer Inggris 2018/19 dengan catatan 17 kali cleansheet, plus berkontribusi besar mengantarkan The Reds berada di puncak klasemen hingga pekan ke-32.

Namun, jika ditarik jauh ke belakang, penampilan luar biasa Van Dijk, rupannya tak lepas dari andil mantan pelatih Timnas Indonesia, Pieter Huistra. Pelatih yang juga merupakan mantan Direktur Teknik timnas Indonesia itulah yang pertama kali mencium bakat luar biasa van Dijk sewaktu muda.

Itu terjadi pada musim 2010, di mana Pieter Huistra masih menjadi manajer klub asal Belanda, Groningen. Dia menyarankan klubnya untuk mendatangkan Van Dijk yang baru berusia 20 tahun dan bermain di tim muda Willem II.

"Saya memberi tahu direktur teknis Groningen bahwa dia (van Dijk) adalah pemain yang baik, pemain yang sangat menarik," kata Huistra dlam wawancara eksklusif express.co.uk.

Van Dijk yang akhirnya bergabung bersama Groningen pada musim 2011/12, menjalani debut tim senior di bawah asuhan Huistra.

Kariernya pun berjalan bagus di Groningen dengan total penampilan mencapai 62 kali dan mencetak tujuh gol hanya dalam tiga musim. Van Dijk akhirnya hijrah ke Celtic pada musim 2013/14, musim yang sama ketika Huistra angkat koper dari Groningen.

Memang Huistra bukan faktor satu-satu dibalik kesuksesan van Dijk hingga saat ini. Namun jelas, sebagai sosok yang pertama kali memberikan kesempatan baginya bermain di level senior, Van Dijk sepatutnya banyak mengucapkan terima kasih pada Huistra saat ini.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT

616