Liga Inggris

Bawa Era Keemasan Tim, Legenda Liverpool Ini Tutup Usia

Sabtu, 13 April 2019 12:24 WIB
Penulis: Bagas Rahadian | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Liverpool. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Liverpool.

FOOTBALL265.COM - Klub sepak bola Liga Inggris Liverpool tengah dirundung duka usai salah seorang legendanya Tommy Smith dikabarkan tutup usia di kediamannya di Crosby, Merseyside, Inggris, Jumat (12/04/19) waktu setempat. 

Dilansir dari situs resmi Liverpool, legenda yang berjasa membawa The Reds meraih sejumlah gelar bergengsi di era keemasannya, meninggal dunia pada usia 74 tahun setelah cukup lama menderita demensia.

Terhitung sebanyak sembilan gelar dipersembahkan Smith selama 18 musim mengabdi Liverpool dari tahun 1960 hingga 1978, yang mencakup empat gelar liga domestik, satu trofi piala Eropa, dua trofi Piala FA, dan dua Piala UEFA.

Legenda yang juga eks kapten The Reds itu turut menyumbang kontribusi besar saat Liverpool mengukir momen bersejerah menjuarai Piala FA untuk kali pertama pada tahun 1965 di bawah binaan pelatih Bill Shankly.

Pada 1977, Smith juga berjasa mewujudkan gelar perdana The Reds di ajang Piala Eropa usai ia menyarangkan satu-satunya gol ke gawang Borussia Monchengladbach pada partai final di Roma.

Berbicara kepada laman resmi Liverpool, putri Smith, Janette Simpson mengatakan bahwa ayahnya berpulang dengan damai dalam tidurnya pada pukul 4.30 sore di panti jompo Green Heyes di Park Road, Waterloo, Crosby.

''Saya sedang dalam perjalanan untuk menemuinya ketika dia meninggal beberapa menit sebelum saya tiba,'' ujar Simpson.

''Dia semakin lemah dan menderita berbagai penyakit selama tiga bulan terakhir. Kami semua sangat bersedih (atas peristiwa ini),'' pungkasnya.

Ikuti Terus Kabar Sepak Bola Liga Inggris dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di FOOTBALL265.COM