Liga Inggris

Analisis Hasil Laga Liverpool vs Chelsea: Mohamed Salah Bungkam Semua Kritik

Senin, 15 April 2019 14:04 WIB
Editor: Coro Mountana
© Michael Regan/Getty Images
Selebrasi yoga Mohamed Salah usai cetak gol ke gawang Chelsea, Minggu (14/04/19), di Anfield. Copyright: © Michael Regan/Getty Images
Selebrasi yoga Mohamed Salah usai cetak gol ke gawang Chelsea, Minggu (14/04/19), di Anfield.

FOOTBALL265.COM – Liverpool vs Chelsea menjadi salah satu pertandingan yang paling menarik perhatian dalam lanjutan pekan ke-34 Liga Primer Inggris berkat keberhasilan Mohamed Salah membungkam kritik.

Jalannya pertandingan Liverpool vs Chelsea sendiri sempat menjadi alot pada babak pertama karena kedua tim bermain lebih berhati-hati terutama sang tuan rumah. Liverpool sangat berhati-hati tidak mau kecolongan seperti yang terjadi 5 tahun lalu saat Steven Gerrard terpeleset.

Akan tetapi, di babak kedua pertandingan Liverpool sukses mencetak dua gol pembuka. Chelsea berusaha untuk mengejar defisit ketertinggalan tetapi selalu gagal hingga akhirnya mereka harus menyerah 0-2 dari Liverpool.

Dengan hasil itu, Liverpool sukses mengkudeta Manchester City dari puncak klasemen Liga Primer Inggris yang beberapa jam sebelumnya menang atas Crystal Palace. Terlepas dari terkesan menang mudah 2-0, duel Liverpool vs Chelsea berjalan begitu menarik seperti yang akan dianalisis berikut ini.

Awal Babak Kedua Menjadi Kunci

Setelah tertahan di babak pertama, Liverpool mencoba untuk mengepung lini pertahanan Chelsea sejak awal babak kedua. Liverpool menyerang dengan terus menggeser bola secara cepat dari kiri ke kanan, begitu juga sebaliknya.

Hingga akhirnya ada satu momen berawal kerja sama apik dari Roberto Firmino dan Mohamed Salah yang berujung pada Jordan Henderson berdiri bebas di dalam kotak penalti. Karena dibiarkan bebas, Jordan Henderson memiliki waktu yang banyak untuk mencari rekan agar dapat diberi umpan.

© Michael Regan/Getty Images
Selebrasi Sadio Mane usai mencetak gol ke gawang Chelsea. Copyright: Michael Regan/Getty ImagesSelebrasi Sadio Mane usai mencetak gol ke gawang Chelsea.

Henderson memilih Sadio Mane yang dengan enaknya menyundul bola masuk ke gawang Chelsea di menit ke-51. Chelsea yang di babak pertama bermain hati-hati, mau tidak mau keluar menyerang karena kecolongan oleh gol cepat Liverpool di awal babak kedua yang menjadi kunci.

Mohamed Salah Membungkam Semua Kritik

Dua menit berselang setelah gol Mane, Mohamed Salah hadir sebagai mimpi buruk Chelsea dengan sebuah tembakan roket yang langsung merobek jala kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga. Mohamed Salah sukses mencetak gol sekaligus membungkam semua kritik yang selama ini ditujukan padanya.

Bahkan tak jarang kritik itu bernafaskan rasis, tetapi Mohamed Salah tetap berusaha untuk menampilkan yang terbaik. Sejatinya sumber dari kritik kepada Salah hadir pada saat seringkali ia tidak mampu tampil baik di laga-laga besar.

Biasanya di partai penting melawan tim besar, Mohamed Salah akan dijaga ketat sehingga membuatnya tidak mampu berkontribusi bagi Liverpool. Namun di laga ini, Salah seperti sudah mendapatkan cara untuk lepas dari kawalan sambil mencetak gol indah ala Arjen Robben.