Liga Indonesia

Legenda Olahraga: Widodo C Putro, Eks Persija yang Wangi di Bali United

Kamis, 25 April 2019 17:09 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Twitter@BALIUTD
Pelatih sepakbola, Widodo Cahyono Putro. Foto: Twitter@BALIUTD Copyright: © Twitter@BALIUTD
Pelatih sepakbola, Widodo Cahyono Putro. Foto: Twitter@BALIUTD

FOOTBALL265.COM – Sosok legenda sepak bola Indonesia, Widodo Cahyono Putro, melekat dengan klub Persija Jakarta dan Bali United.

Kedua tim tersebut kebetulan bertemu di babak 8 besar Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19. Pertandingan leg 1 Bali United vs Persija Jakarta akan berlangsung Jumat (25/04/19) di Stadion Gelora I Wayan Dipta, Gianyar.

Meski pertemuan tersebut lebih menyoroti ajang reuni pelatih Stefano ‘Teco’ Cugurra, sosok Widodo tidak bisa dilepaskan dari klub Bali United dan Persija Jakarta.

Widodo masuk ke dalam sejarah Persija Jakarta sebagai pemain dan Bali United sebagai pelatih. Prestasinya bahkan tidak bisa disepelekan.

Sebagai pemain sepak bola, Widodo dilabeli striker berbahaya. Ia tidak hanya bersinar di Timnas Indonesia di tahun 90-an, tetapi turut berprestasi di klub.

Nama Widodo lebih melekat dengan klub legendaris Petrokimia Gresik. Empat tahun membela klub asal Jawa Timur tersebut, ia hijrah ke Persija Jakarta pada tahun 1998.

© Istimewa
Persija Jakarta saat juara tahun 2001. Copyright: IstimewaPersija Jakarta saat juara tahun 2001.

Torehan manis Widodo bersama Persija Jakarta terjadi pada musim 2001. Pria kelahiran 8 November 1970 ini membawa Macan Kemayoran meraih juara Liga Indonesia untuk pertama kalinya pada 2001.

Widodo lantas kembali ke Petrokimia Gresik pada tahun 2003 dan mengakhiri karier sebagai pemain pada tahun 2004. Ia lantas mulai merintis karier sebagai pelatih.