Liga Indonesia

Sudah Teruji, Rene Alberts Bakal Buat Persib Berkembang

Jumat, 3 Mei 2019 12:57 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© thestar
Eks Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts resmi menjadi pelatih baru Persib Bandung. Copyright: © thestar
Eks Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts resmi menjadi pelatih baru Persib Bandung.

FOOTBALL265.COM - Persib Bandung baru saja meresmikan Robert Rene Alberts sebagai pelatih kepala menggantikan Miljan Radovic yang didepak pada Jumat pagi (03/05/19).

Radovic yang baru ditunjuk menjadi pelatih Persib diberhentikan karena catatan buruknya saat menangani klub sepak bola asal Ibukota Jawa Barat tersebut. Di luar laga uji coba, ia hanya berhasil mencatatkan dua kemenangan dari delapan laga di Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19 dan Piala Presiden 2019.

Dengan ditunjuknya pelatih sepak bola asal Belanda tersebut, Persib sedikitnya lega dengan catatan apik sang pelatih selama menangani tim Indonesia di kompetisi resmi. Datang ke Indonesia tahun 2009, pelatih tertua di Liga 1 (kasta tertinggi bola Indonesia) 2019 ini langsung mengantarkan Arema menjuarai Indonesian Super League (ISL).

Setelah lama tidak melatih klub di Indonesia karena persolan rumit di sepak bola Tanah Air, ia kembali menangani PSM  Makassar di kompetisi Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 yang merupakan kompetisi tidak resmi untuk mengisi kekosongan sepak bola Tanah Air

ISC selesai, Rene Albert langsung melanjutkan tugasnya sebagai juru taktik di PSM pada Liga 1 2017. Dalam kompetisi resmi tersebut, sang pelatih berhasil mengantarkan timnya finish di peringkat tiga klasemen. Namun, tahun berikutnya tidak bisa bermain di Piala AFC karena masalah administrasi.

Tahun ketiganya menangani PSM, Rene Alberts hampir saja mengantarkan gelar juara Liga 1 2018 ke Makassar. Namun di pertandingan terakhir, Persija juga meraih kemenangan dan memaksa Juku Eja harus puas menjadi runner up.

Catatan apik Rene Alberts di kompetisi resmi dapat sedikit memberi jaminan Persib untuk setidaknya finish di papan atas klasemen Liga 1 2019 setelah musim lalu hanya mampu menjadi peringkat ke-4 di bawah asuhan Mario Gomez.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di FOOTBALL265.COM