In-depth

Tarik-Ulur Rebutan Klub dan PSSI, Jangan Sampai Pemain Jadi Korban

Minggu, 26 Mei 2019 14:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia dan Timnas Vanuatu. Copyright: © PSSI/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia dan Timnas Vanuatu.

FOOTBALL265.COM - Tim nasional Indonesia bersiap menggelar pemusatan latihan (TC). Pelatih Simon McMenemy memanggil 25 plus satu pemain untuk mengikuti TC yang akan berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, mulai Jumat (31/5/19) mendatang.

Coach Simon memanggil sederet pemain dan menggelar TC dalam rangka persiapan melakoni dua laga uji coba bertajuk FIFA Matchday melawan Yordania (11 Juni) dan Vanuatu (15 Juni).

Namun, pemanggilan kali ini menimbulkan sedikit polemik lantaran waktu yang dirasa kurang pas mengingat roda kompetisi Shopee Liga 1 2019 masih berputar. Klub-klub pun seolah berat hati melepas pemain untuk bergabung dengan timnas Indonesia.

Sebab, hampir dipastikan klub-klub Liga 1 akan mengalami kerugian usai melepas pemainnya ke timnas. Padahal mereka juga membutuhkan tenaga seluruh anggota skuat masing-masing untuk bersaing di tabel klasemen.

Seperti halnya Persija Jakarta. Macan Kemayoran menjadi penyumbang pemain terbanyak dalam pemusatan latihan kali ini karena setidaknya ada empat pemain, antara lain Andritany Ardhiyasa, Novri Setiawan, Riko Simanjuntak, dan Ramdani Lestaluhu.

Meski diketahui telah berbesar hati melepas pemainnya, namun tidak bisa dipungkiri Persija mengalami kerugian. Mereka harus memutar otak memikirkan taktik dan strategi selepas keempatnya bergabung dengan timnas Indonesia.

"Bagi saya tidak masalah, paling nanti sedikit mengganggu. Dalam hal ini pemain cenderung memilih timnas karena ada kebanggaan. Ya silakan mereka yang memang dipanggil untuk bergabung ke timnas," ucap manajer Persija, Ardhi Tjahjoko.

"Paling nanti mengatasinya secara tim. Biarkan pelatih bekerja dan memanfaatkan pemain yang ada dalam skuat Persija," tambah dia.