Liga Indonesia

Waduh, Elisa Basna Ternyata Menginjak Seorang Aparat TNI

Jumat, 31 Mei 2019 11:18 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

FOOTBALL265.COM – Klub sepak bola Persebaya Surabaya gagal mengamankan tiga poin saat menghadapi PSIS Semarang dalam laga pekan ketiga Shopee Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada Kamis (30/5/2019) malam karena harus berbagi angka sama kuat 1-1.

Namun, pertandingan yang mempertemukan dua tim penuh sejarah ini harus tercoreng dengan aksi kurang terpuji pemain Bajul Ijo Elisa Basna. Pemain yang musim lalu memperkuat Persipura Jayapura ini tersulut emosi di akhir laga dengan menginjak dada pemain PSIS Fredyan Wahyu Sugiantoro.

Pemain yang menjadi aksi tak terpuji Elia Basna tersebut ternyata seorang anggota TNI Angkatan Darat. Fredyan yang akrab disapa Ucil ini pernah memperkuat tim junior PS TNI pada tahun 2016. Saat ini dia tercatat bertugas di Yonif 413/Bremoro, Karanganyar.

© instagram.com/fredyanwahyu98/
Fredyan Wahyu, pemain PSIS Semarang yang juga anggota TNI Copyright: instagram.com/fredyanwahyu98/Fredyan Wahyu, pemain PSIS Semarang yang juga anggota TNI

Walaupun Ucil seorang anggota TNI yang dikenal memiliki jiwa yang tegas, ia justru tak emosi saat kejadian semalam. Ia hanya memprotes keputusan wasit dan tidak berusaha menyerang balik pemain asal Papua tersebut. Tindakan pemain PSIS ini patut dicontoh pemain lain supaya tidak terjadi masalah berkepanjangan.

Aksi yang dilakukan oleh Elisa Basna sudah sepatutnya diganjar dengan kartu merah, namun wasit pada pertandingan semalam hanya memberi sebuah kartu kuning. Padahal aksi tersebut sangat membahayakan pemain yang dilanggar dan beresiko tinggi.

Sudah sepatutnya baik klub maupun operator liga lebih mengedukasi pemain, terutama para pemain muda supaya tidak tersulut emosinya dan melakukan hal diluar batas wajar sebagai seorang pemain sepak bola.