Liga Indonesia

Jadi Juara Bertahan, Persija Jakarta Justru Torehkan Catatan Buruk di 3 Laga Awal Liga 1

Sabtu, 1 Juni 2019 13:03 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Lanjar Wiratri
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Ivan Kolev saat briefing tim sebelum latihan Persija Jakarta di Lapangan PSAU TNI Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (09/05/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Ivan Kolev saat briefing tim sebelum latihan Persija Jakarta di Lapangan PSAU TNI Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (09/05/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT. COM - Persija Jakarta sejak ditangani Ivan Kolev belum bisa meraih prestasi gemilang. Bahkan, Persija Jakarta nyatanya justru menorhkan hasil buruk di tiga laga awal mereka di Liga 1.

Ya, menyandang status juara bertahan, Persija Jakarta malah terseok-seok di Shopee Liga 1 2019. Keterpurukan Persija Jakarta sudah bisa terlihat di tiga pekan awal kompetisi.

Persija Jakarta hanya bisa meraup satu poin dari tiga laga yang dijalaninya. Bahkan, Persija Jakarta belum sama sekali pernah meraih satu kemenangan pun.

Pada laga perdana, Persija Jakarta tertahan imbang 1-1 oleh Barito Putera. Berlanjut ke dua laga selanjutnya, Persija Jakarta secara berturut ditaklukkan PSIS Semarang dan Bali United, masing-masing dengan skor 1-2 serta 0-1.

Akibat rentetan hasil buruk tersebut, Persija Jakarta kini terdampar di zona degradasi. Tim Macan kemayoran menempati urutan 16 dengan koleksi satu poin saja.

Catatan Persija Jakarta sebagai juara bertahan di musim ini bisa dibilang cukup buruk di tiga awal Liga 1. Juara bertahan Liga 1 yang pertama, Bhayangkara FC, mampu mencatatkan prestasi lebih baik.

Bhayangkara FC musim lalu memulai kompetisi dengan status juara bertahan Liga 1 2017. Kiprah yang ditunjukkan Bhayangkara FC dalam tiga pekan awal jauh melebihi Persija Jakarta.

Bhayangkara FC tak tersentuh kekalahan sama sekali di tiga awalnya. Klub yang kala itu masih dibesut Simon McMenemy juga mampu bercokol di urutan lima klasemen sementara pekan ke-3 Liga 1 2018 berkat koleksi lima poin.

Pada laga perdana, Bhayangkara FC tertahan imbang 0-0 oleh Persija Jakarta. Bhayangkara FC kemudian bisa memenangkan laga pekan kedua kontra PSMS Medan, lalu imbang lagi di laga ketiga lawan PSIS Semarang.

Lewat segala penjabaran tadi, dapat terlihat jelas kalau Persija Jakarta yang kinu ditangani Ivan Kolev belum mampu menemukan permainan terbaiknya. Lantas, mampukah sang juara bertahan kembali ke jalur mereka sebagai pemenang?