Liga Inggris

Mengenang Aksi Hebat Jose Antonio Reyes di Musim Invincibles Arsenal 2003/04

Minggu, 2 Juni 2019 00:14 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

FOOTBALL265.COMJose Antonio Reyes dilaporkan meninggal dunia di Utreta, Spanyol, pada Sabtu (1/6/19). Sebagai mantan pemain Arsenal, ia melakukan serangkaian aksi hebat kala membawa timnya tak terkalahkan pada musim 2003/04.

Reyes memulai debutnya di kancah Liga Primer Inggris pada 1 Februari 2004 kala melawan Manchester City. Debutnya tersebut genap sebulan sejak ia didatangkan Arsenal pada tahun baru 2004 dengan harga 18 juta poundsterling (setara 325 miliar rupiah).

Ia masuk menggantikan Dennis Bergkamp pada menit ke-69 di usianya yang baru menginjak 20 tahun. Masuknya Reyes menimbulkan suasana meriah dari para pendukung Arsenal yang hadir di malam yang diguyur hujan itu.

Dengan menggantikan Bergkamp, ia bertandem dengan Thierry Henry di lini depan. Tak hanya itu, ia didukung lini tengah yang solid dengan pemain sekaliber Robert Pires, Patrick Vieira, Freddie Ljungberg, dan Gilberto Silva.

Saat itu, The Gunners yang masih bermarkas di Highbury menang dengan skor 2-1. Namun, Reyes belum mencetak satu pun gol ataupun assist.

Gol pertamanya ia cetak ke gawang Portsmouth pada 4 Mei 2004. Gol semata wayangnya pada menit ke-50 berhasil menyelamatkan tim asuhan Arsene Wenger dari kekalahan. Pasalnya, The Gunners tertinggal lebih dulu melalui gol Yakubu pada menit ke-30.

Ia kemudian mencetak gol indah pada lima hari berikutnya (09/05/04) kala menjamu Fulham. Pergerakannya dari sisi kiri lapangan pada menit kesembilan berhasil mengecoh bek lawan hingga terpeleset.

Reyes yang mempunyai ruang tembak yang luas kemudian melepaskan tendangan kaki kanan ke pojok kiri atas gawang Edwin van der Sar. Tendangannya yang melesat kencang tak mampu dihadang dan gol tersebut menjadi penentu kemenangan Arsenal dengan skor 1-0.

Reyes sendiri meninggal pagi ini di usianya yang ke-35 karena kecelakaan lalu lintas. Beberapa dari rekan setimnya seperti Henry dan Ljungberg menyatakan rasa sedih yang mendalam atas kepergian Reyes. Tak mengherankan, keduanya memang memiliki kenangan yang manis bersama Reyes pada 15 tahun yang lalu.