Liga Indonesia

Ini Tujuan Persib Gelar Latihan di Dataran Tinggi pada Pukul 10 Pagi

Senin, 10 Juni 2019 18:27 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Persib Bandung saat berlatih di Lapangan Football Plus, Bandung, Senin (10/06/2019). (Arif Rahman/INDOSPORT) Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Persib Bandung saat berlatih di Lapangan Football Plus, Bandung, Senin (10/06/2019). (Arif Rahman/INDOSPORT)

FOOTBALL265.COM - Persib Bandung menggelar latihan di Lapangan Football Plus, Kabupaten Bandung Barat, Senin (10/06/19), pada kesempatan tersebut program latihan dimulai pada pukul 10.00 WIB. 

Menurut pelatih Persib, Robert Rene Alberts, meski latihan digelar lebih siang dari biasanya, cuaca di Lapangan Football Plus tidak terlalu panas. Pasalnya, lapangan tersebut berada di wilayah dataran tinggi. 

Selain itu, diharapkan pemain bisa menjalankan program latihan dengan maksimal, karena ada jeda waktu bagi pemain dari sarapan ke latihan. 

"Menurut saya latihan di jam 10 tidak terlalu panas, temperatur yang bagus dan itu bagus untuk menjaga ritme biologis tubuh," kata Robert Alberts seusai memimpin latihan timnya. 

"Jika latihan terlalu cepat badan mungkin belum siap dan juga kalau terlalu cepat, tidak bisa terlalu intensif dalam latihan. Jadi pemain bisa sarapan dengan baik dan tiga jam setelahnya mereka bisa berlatih dengan nyaman," ungkapnya menambahkan. 

Pada kesempatan tersebut, Robert Alberts mulai menaikan intensitas latihan pasukannya dan pemain dibagi dalam beberapa kelompok, untuk menjalankan program yang berbeda satu sama lain. 

"Seperti yang saya katakan latihan yang intensif, intensitas maksimal dalam latihan jadi saya mau detak jantung pemain berada di angka maksimal dari pemain selama periode latihan," ungkapnya. 

Pada akhir latihan, Persib menggelar small game dengan waktu istirahat yang singkat. Hal itu sengaja dilakukan, agar pemainnya terbiasa setelah sebelumnya mendapat jatah libur lebaran.  

"Mereka juga masih harus beradaptasi dalam masa recovery (usai libur), jadi kami melakukan intensitas tinggi dengan waktu istirahat yang pendek jadi badan bisa perlahan beradaptasi," jelasnya.