Bola Internasional

Pemain Indonesia Pertama di Luar Negeri Soroti Timnas Indonesia

Minggu, 16 Juni 2019 17:05 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia Senior saat melawan Vanuatu dalam laga ujicoba di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (15/6/19). Foto Herry Ibrahim Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia Senior saat melawan Vanuatu dalam laga ujicoba di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (15/6/19). Foto Herry Ibrahim

FOOTBALL265.COM - Salah satu pesepak bola Indonesia pertama yang berkiprah di luar negeri, khususnya Malaysia, Ristomoyo Kassim, menyoroti Timnas Indonesia yang akan berjuang di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Ristomoyo berharap Indonesia yang ditangani pelatih Simon McMenemy dapat berjuang maksimal meski berpotensi tergabung dalam grup berat bareng para raksasa Asia seperti Jepang, Arab Saudi, Iran, atau China.

“Apa pun bagi saya untuk timnas. Selamat berjuang. Buatlah yang terbaik untuk Indonesia,” kata Ristomoyo secara eksklusif kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Minggu (16/6/19).

“Tim kami dulu pun bukanlah yang terbaik. Jadi, untuk tim sekarang buatlah sejarah di eramu,” lanjut pemain yang pernah sukses menjuarai Piala Malaysia 1986 bersama Selangor FA sebelum Bambang Pamungkas dan Elie Aiboy.

Timnas di era Ristomoyo yang dilatih Sinyo Aliandoe pernah nyaris lolos ke Piala Dunia 1986. Pada babak kualifikasi Zona B AFC melawan Korea Selatan, Timnas Indonesia kalah dengan agregat 1-6.

Selain menyoroti kiprah timnas, Ristomoyo juga mengajak pemain Indonesia untuk berani merambah kawasan Asia Tenggara seperti Yanto Basna dan Saddil Ramdani. Dia menekankan pentingnya bersaing di luar negeri sebagai pemain asing.

“Saran saya untuk mereka yang bermain di luar Indonesia, ya harus siap semua, terutama mental karena klub juga menginginkan pemain impor lebih bagus prestasinya dibanding pemain lokal.”

“Memang ada klub yang hanya sekadar mengisi kuota pemain asing dari ASEAN. Pokoknya jangan kendor. Latihan, latihan, dan latihan pasti akan membawa hasil,” tutup Ristomoyo.

Di skuat timnas Indonesia, Yanto Basna menjadi satu-satunya pemain yang berkarier di luar negeri. Bek asal Papua itu membela klub kasta tertinggi Liga Thailand, PTT Rayong.