Liga Indonesia

Adu Kekuatan Antarlini PSS Sleman vs Bhayangkara FC

Jumat, 21 Juni 2019 10:20 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Football265.com
Pertandingan PSS Sleman vs Bhayangkara FC. Foto: Grafis: Football265.com Copyright: © Grafis: Football265.com
Pertandingan PSS Sleman vs Bhayangkara FC. Foto: Grafis: Football265.com

FOOTBALL265.COM - PSS Sleman akan menjamu Bhayangkara FC pada pekan kelima Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Jumat (21/06/19) sore WIB.

Baik PSS maupun Bhayangkara sama-sama menargetkan hasil maksimal di laga ini. PSS membuat kejutan sebagai tim promosi paling apik di awal Liga 1 2019 ini. 

Dari tiga laga awal, mereka belum terkalahkan dan duduk di peringkat keenam. Sementara tim tamu Bhayangkara FC tengah berusaha bangkit merangsek ke papan atas. Berikut ini kami bahas kekuatan antarlini yang dimiliki kedua kesebelasan. 

BELAKANG

PSS Sleman

PSS tampil dengan formasi 4-3-3 di bawah pelatih Seto Nurdiantoro. Di posisi penjaga gawang, Super Elang Jawa diyakini bakal kembali mengandalkan Try Goentara.

Sementara pada barisan bek, mereka memiliki Derry Rachman (kiri), Alfonso de la Cruz (tengah), Purwaka Yudhi (tengah), dan Bagus Nirwanto (kanan). 

Namun, PSS tengah dipusingkan dengan cederanya Purwaka Yudhi. Ikhwan Ciptady diharapkan bisa mejadi pengganti Purwaka. 

Barisan pertahanan PSS Sleman sejauh ini belum pernah clean sheet. Dari tiga laga, mereka telah kebobolan tiga gol. 

Barisan bek PSS terlihat belum tampil maksimal. Padahal, di situ mereka memiliki sosok berpengalaman seperti Purwaka Yudhi dan bek tangguh Alfonso de la Cruz. 

Bhayangkara FC

Bhayangkara FC tampil dengan empat bek dalam beberapa formasi mereka seperti 4-3-3 dan 4-2-3-1. Di posisi bek, mereka memiliki nama-nama beken seperti Putu Gede (kanan), Anderson Salles (tengah), Nurhidayat (tengah), ditambah Muhammad Rochman (kiri).

Musim ini Bhayangkara cukup menjanjikan di lini belakang. Putu Gede dan Nurhidayat merupakan dua pemain berlabel tim nasional. Putu Gede dan Nurhidayat tampil ditemani pemain asing, Anderson Salles. 

Walau sudah kebobolan empat gol (lebih banyak dari PSS), tetapi lini belakang Bhayangkara terlihat lebih solid. 

TENGAH

PSS Sleman

Di lini tengah PSS Sleman memasang tiga gelandang. Dua lokal dan satu asing. 

Tiga gelandang itu adalah Sidik Saimima, Wahyu Sukarta dan Brian Ferreira. Sejauh ini performa ketiganya bisa diandalkan. Namun saat melawan tim kuat seperti Arema FC, PSS gagal menguasai lini tengah. 

Melawan Bhayangkara, lini tengah PSS diperkirakan harus berjuang keras lantaran Bhayangkara memiliki gelandang-gelandang yang bagus. 

Bhayangkara

Bhayangkara adalah tim dengan karakteristik penguasaan bola yang kuat. Mereka pun menempatkan tiga sampai lima pemain di tengah. 

Di atas kertas, Bhayangkara memiliki gelandang yang lebih baik. Di situ bercokol nama-nama seperti Flavio Junior, Lee Yoo-Joon, Ilham Udin Armaiyn, M. Iskandar, dan Dendy Sulistyawan. 

Flavio, Lee Yoo-Joon, dan Ilham Udin adalah gelandang tipe pekerja keras dan sudah berpengalaman di Liga 1. Sementara Dendy Sulystyawan adalan pemain muda berbakat bertipe gelandang serang yang juga bisa main sebagai striker.