Liga Indonesia

Resmi, Ini 10 Klub Liga 1 Putri: Ada Persija dan Persib

Jumat, 26 Juli 2019 21:29 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Pemain Timnas Putri Indonesia berusaha menerapkan latihan yang di arahkan pelatih. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Pemain Timnas Putri Indonesia berusaha menerapkan latihan yang di arahkan pelatih.

FOOTBALL265.COM - PSSI telah menggelar meeting koordinasi bersama 18 klub peserta Liga 1 bertajuk CEO Forum Liga 1 Putri pada Kamis (25/07/19) kemarin.

Agenda utama dalam pertemuan tersebut adalah membahas mengenai koordinasi terkait penyelenggaraan Liga 1 Putri yang rencananya akan digelar pada tahun 2019 ini.

Pada pertemuan tersebut, PSSI pun memastikan kembali komitmen dan keikutsertaan para klub dalam berpartisipasi dan menyukseskan Liga 1 Putri. Hasilnya, dari 18 klub yang ada, hanya ada 10 tim yang menyatakan komitmennya untuk ikut dalam Liga 1 Putri.

Plt Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto mengatakan latar belakang digelarnya Liga 1 Putri 2019 adalah berhubungan dengan Timnas Putri Indonesia. Selain itu, penyelenggaraan ini diharapkan menjadi pelecut semangat bagi para adik-adik putri untuk mau bermain sepak bola.

"Saudara-saudara kita di Asia Tenggara sudah melakukan kick off liga putri, seperti Myanmar, Thailand, dan Vietnam, kemudian SEA Games dan PON 2020 yang masing-masing akan mempertandingkan sepak bola putri. Jika kita tidak segera kick off, kita hanya akan menjadi penonton tanpa melakukan pembinaan," kata Iwan Budianto.

"Mimpinya ingin 18 klub ikut pada Liga 1 Putri, tapi kalau tidak bisa di tahun pertama, setidaknya minimal 6 klub. Ke depan semua klub ikut Liga 1 Putri," lanjutnya.

Sementara itu, Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria menjelaskan penyelenggaraan Liga 1 Putri sejalan dengan program yang dicanangkan FIFA yang juga fokus terhadap pembinaan sepak bola putri.

"Adapun semua ini dilakukan berdasarkan program yang disusun secara langsung oleh FIFA. Pada kongres FIFA di Paris beberapa bulan lalu, FIFA mencanangkan berbagai macam program khusus untuk anggota-anggotanya yang telah memenuhi dua syarat, yang pertama keberadaan Tim Nasional Putri di dua nomor, senior dan usia muda, serta adanya kompetisi," ungkap Tisha.

Meski 10 klub telah menyatakan kesiapannya, PSSI masih melakukan pembahasan lebih lanjut terkait format dan detail dari penyelenggaran Liga 1 Putri, termasuk kapan waktu kick off resmi. 

10 klub peserta Liga 1 Putri 2019

1. Persija
2. PSM Makassar
3. Persib Bandung
4. PS Tira Persikabo
5. Bali United
6. Arema
7. PSIS Semarang
8. Persipura Jayapura
9. PSS Sleman
10. Persebaya