Liga Indonesia

Sebelum Persebaya, Ada 3 Klub Liga 1 2019 yang Ingin Datangkan Alfred Riedl

Sabtu, 24 Agustus 2019 08:57 WIB
Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Mantan Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Mantan Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl.

FOOTBALL265.COM - Sebuah kabar mengejutkan datang dari bursa pelatih baru Persebaya Surabaya di putaran kedua Liga 1 2019. Tim berjuluk Bajul ijo itu resmi akan dilatih oleh mantan juru taktik Timnas Indonesia, Alfred Riedl.

Pria asal Austria itu menggantikan pelatih Djajang Nurdjaman yang dipecat beberapa waktu lalu, lantaran gagal mengangkat performa Persebaya di sepanjang putaran pertama lalu.

"Alfred Riedl telah mencapai kesepakatan dengan Persebaya, untuk menjadi pelatih kepala Bajol Ijo. Dia akan segera tiba di Surabaya setelah menyelesaikan beberapa urusan administrasi di negaranya," bunyi pernyataan Persebaya.

Alfred Riedl sendiri pernah tiga kali dipercaya menangani Timnas Indonesia, yakni periode 2010, 2014 dan 2016 untuk ajang pesta sepak bola terbesar di Asia Tenggara, Piala AFF.

Dari tiga kali mendampingin Skuat Garuda, dirinya berhasil membawa Indonesia lolos ke final di tahun 2010 dan 2016. Namun sayang, dari dua kesempatan itu tak ada satupun trofi yang dimenangi alias hanya bisa finis di posisi runner-up.

Sebelum ke Persebaya, Alfred Riedl sempat dihubung-hubungkan dengan sejumlah klub peserta Liga 1 2019 lain dari tahun 2017 lalu. Akan tetapi karena alasan kesehatan, dirinya menolak sejumlah tawaran.

Penasaran siapa saja tim yang mendekati pelatih berusia 69 tahun itu? Berikut ulasannya:

1. Bhayangkara FC

Jelang kompetisi musim baru Liga 1 2019, tepatnya pada Desember 2018, Bhayangkara FC bergerak cepat untuk mencari sosok pelatih baru untuk menggantikan Simon McMenemy yang ditarik melatih Timnas Indonesia oleh PSSI.

Tim berjuluk The Guardian itu pun menaruh bidikan ke sejumlah pelatih, sebelum akhirnya mengerucut menjadi dua nama kandidat kuat asing dan lokal untuk menukangi jawara Liga 1 tahun 2017 lalu itu.

Untuk pelatih asing, manajer Bhayangkara FC, Sumardji memberi bocoran sosoknya pernah menukangi Timnas Indonesia.

Kala itu, ada beberapa eks pelatih asing Timnas yang belum mempunyai tim yakni Ivan Kolev, Peter Withe, Alfred Riedl, Wihelmus Rijsbergen, Luis Manuel Blanco, Pieter Huistra, dan Luis Milla.

Dari nama-nama di atas, hanya Ivan Kolev, Luis Milla dan Alfred Riedl yang masuk dalam kandidat kuat. Sedangkan untuk nama lokal, ada Fakhri Husaini yang masuk dalam bursa calon pelatih.

Namun dari nama-nama di atas, tak ada satupun yang resmi melatih Bhayangkara FC. Mereka akhirnya menunjuk mantan pelatih Persebaya, Alfredo Vera pada Fabruari 2019 lalu.

2. Persija Jakarta

Dua nama mantan pelatih Timnas Indonesia, Ivan Kolev dan Alfred Riedl lagi-lagi menjadi dua nama kandidat kuat, melatih salah satu tim Liga 1 2019, kali ini adalah Persija Jakarta.

Kepastian itu dibocorkan oleh mantan Direkrut Utama Persija, Gede Widiade pada Januari 2019 lalu. Kedua pelatih itu ditunjuuk untuk menggantikan Stefano Cugurra Teco yang tak diperpanjang kontraknya.

"Saya mengidolakan cara melatih mereka. Saya melihat bagaimana mereka memperlakukan pemain seperti anak sendiri. Saya melihat bagaimana Riedl merangkul pemain, begitu pula dengan cara Kolev. Saya suka cara mereka melatih, dan saya sudah mengirimkan surat penawaran," ujar Gede.

Namun, pada akhirnya tim berjuluk Macan Kemayoran itu menunjuk Ivan Kolev pada 15 Januari lalu, yang diumumkan di mess Persija, kawasan Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

3. Persib Bandung

Sepeninggalan Mairo Gomez, bursa pelatih kepala Persib Bandung sempat memanas pada Desember 2018 lalu. Nama-nama hebat sempat dirumorkan akan menukangi tim asal Kota Kembang itu.

Mulai dari yang sudah pernah melatih di Indonesia, hingga yang belum sama sekali melatih di Tanah Air dan mempunyai lisensi kepelatihan AFC hingga UEFA.

Nama-nama tersebut kabarnya adalah Simon McMenemy, Alfred Riedl, Baltemar Jose, serta Roberto Donadoni. Namun, setelah menunggu beberapa pekan, Persib akhirnya resmi mengumumkan pelatih baru yakni Miljan Radovic.

Mantan pemain Persib itu diperkenalkan manajemen Maung Bandung pada Desember 2018 lalu.

"Pokoknya tadi malam itu manajemen (komisaris, dan jajaran direksi) sudah melakukan pembicaraan terkait pelatih baru Persib," ujar Komisaris PT PBB, Kuswara S. Taryono, Kamis (20/12/18).