Liga Indonesia

Seleksi, Fakhri Husaini Pastikan 30 Pemain Timnas U-19 Punya Kans Sama Besar

Jumat, 27 September 2019 19:35 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Indonesia U-19, Fakhri Husaini saat jumpa pers jelang laga uji coba di Media Center Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jumat (6/9/19). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Indonesia U-19, Fakhri Husaini saat jumpa pers jelang laga uji coba di Media Center Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jumat (6/9/19).

FOOTBALL265.COM - Pelatih timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini, sudah memanggil 30 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) dan proses seleksi menuju Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 sejak Kamis (26/9/19), di Stadion Pajajaran, Bogor, Jawa Barat.

“Latihan di hari kedua ini sudah mulai masuk ke penggabungan seluruh aspek yang dibutuhkan oleh tim ya. Hari ini semua 30 pemain lengkap mengikuti latihan,” ujar Fakhri kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Jumat (27/9/19).

Fakhri Husaini juga menjelaskan beberapa materi yang disampaikan pada latihan terakhir di Stadion Pajajaran ini mengingat sesi selanjutnya akan digelar di Stadion Pakansari, Kab. Bogor.

“Mulai dari aspek teknik, saya coba untuk memperbaiki kualitas operan dan kontrol bola mereka, kemudian ada juga taktik, jadi lebih spesifik bagaimana cara mereka bertahan baik secara individu maupun tim,” ucap Fakhri.

“Terus juga ada aspek mental, saya ingin mereka bisa berkomunikasi satu sama lain lebih kompak lagi. Yang terakhir adalah aspek fisik. Hari ini lebih dominan untuk meningkatkan kapasitas aerobik mereka,” jelas gelandang flamboyan timnas Indonesia era 1990-an ini.

Pelatih yang gemar mengenakan topi itu juga mengutarakan keinginannya mendapatkan tim terbaik. Makanya, Fakhri berusaha untuk menciptakan persaingan sehat dan kompetitif antarpemain.

"Meski banyak jebolan timnas U-16 yang saya latih dulu, tetapi buat saya 30 pemain di sini punya kesempatan yang sama dan setara untuk menjadi bagian dari 23 pemain hasil seleksi" ujarnya.

"Mereka akan dibawa ke Kualifikasi Piala Asia U-19 2020. Sedekat apa pun hubungan antarpemain, mereka harus bersaing dan berkompetisi di lapangan," pungkas Fakhri Husaini.

Sebelum melakoni Kualifikasi Piala Asia 2020, Indonesia U-19 terlebih dulu akan melakon laga uji coba melawan China sebanyak dua kali. Laga pertama di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Kamis (17/10/19), dan laga kedua di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (20/10/19).