Bola Internasional

Hasil Pertandingan Kualifikasi Euro 2020 Ukraina vs Portugal: Selecao Terancam!

Selasa, 15 Oktober 2019 03:48 WIB
Editor: Juni Adi
 Copyright:

FOOTBALL265.COM - Secara mengejutkan Portugal harus takluk dari tuan rumah Ukraina di matchday ke-7 Kualifikasi Euro 2020 Grup B, dengan skor 1-2 di Stadion NSC Olimpiyskiy, Selasa (15/10/19) dini hari WIB.

Portugal bahkan tertinggal dua kali lebih dahulu. Yang pertama melalui gol cepat Roman Yaremchuk menit ke-6, lalu digandakan oleh Andriy Yarmolenko menit ke-27.

Portugal berusaha menghindari kekalahan, setelah Cristiano Ronaldo mencetak gol penatli menit ke-72. Akan tetapi gagal. Tim besutan Fernando Santos harus rela pulang dengan kekalahan.

Kekalahan ini membuat Portugal gagak mengkudeta Ukraina di puncak klasemen, dan bahkan mereka berpelunag tidak lolos putaran final, karena posisinya bisa direbut oleh Serbia yang berada di peringkat ke-3 di klasemen.

Babak I

Laga baru berjalan belum genap 10 menit, Portugal harus kebobolan lebih dahulu melalui gol cepat Roman Yaremchuk menit ke-6. Berawal dari tendangan bebas Marlos, Yaremchuk yang berdiri bebas lalu menyambutnya dan berbuah gol.

Tersentak dengan gol tersebut, para pemain Portugal mulai bermain terbuka dan lebih sabar untuk membangun serangan. Namun permainan disiplin Ukraina, membuat mereka kesulitan menembus area pertahanan.

Pada menit ke-12, Portugal mempunyai kesempatan untuk membalikan keadaan melalui tendangan bebas Cristiano Ronaldo. Sayang, bola masih melambung dari mistar gawang.

Portugal yang tampil mendominasi malah kembali kebobolan. Serangan balik berbahaya dari Ukraina sangat mematikan pada menit ke-27. Andriy Yarmolenko membawa timnya unggul 2-0 atas Portugal.

Gol tersebut rupanya membuat konsentrasi para pemain Portugal sedikit tergangung, karena mereka terbebani untuk segera menyamakan skor dan membalikan keadaan.

Tiga menit berselang, Portugal mempunyai peluang saat Joao Mario memberikan umpan daerah kepada Ronaldo. Tapi, karena terlalau deras, membuat bola berhasil dihalau bek Ukraina.

Memasuki 10 menit jelang turun minum, giliran Ukraina yang mengendalikan laga. Lini tengah Portugal dibuat tak berkutik, bahkan Bernardo Silva hampir tidak menyentuh bola. Hingga wasit meniup peluit, skor 2-0 berhasil dipertahankan Ukraina di babak pertama. 

Babak II

Memasuki babak kedua, Portugal berinisiatif mengambil kendali permainan, dengan maksud bisa mencetak gol cepat.

Portugal nyaris memperkecil ketertinggalan melalui tendangan keras Ronaldo, yang mengarah ke gawang menit ke-53. Sayang, kiper Ukraina mampu membaca dan menepisnya.

Gol yang ditunggu-tunggu untuk Portugal akhirnya datang juga pada menit ke-72 lewat sepakan penalti Ronaldo. Skor kini berubah jadi 2-1. Para pemain Selecao lantas semakin bersemangat untuk kembali mencetak gol. 

Sayangnya, permainan Portugal tidak cukup efektif, meski Ukraina sudah bermain dengan 10 orang karena Taras Stepanenko mendapat kartu merah menit ke-72, usai melanggar Ronaldo di dalam kotak penalti. 

Hal itu terlihat dari total tembakan Portugal yang mencapai 21 shoot, delapan diantaranya mengarah ke gawang dan memiliki penguasaan bola sebanyak 59 persen.

Hingga wasit menuip peluit panjang, skor 2-1 berhasil dipertahankan oleh Ukraina. Hasil pertandingan ini membuat Ukraina memastikan diri lolos ke putaran final EURO 2020.

Susunan Pemain:

Ukraina (4-1-4-1)

Andriy Pyatov; Oleksandr Karavaev, Sergey Krivstov, Mykola Matvyenko, Vitali Mykolenko; Taras Stepaneko, Andriy Yarmolenko, Oleksandr Zinchenko, Ruslan Malinovskiy, Marlos Bonfim; Roman Yaremchuk.

Portugal (4-3-3) 

Rui Patricio; Nelson Semedo, Ruben Dias, Pepe, Raphael Guerreiro; Joao Moutinho, Danilo Pereira, Joao Mario; Bernardo Silva, Cristiano Ronadlo, Goncalo Guedes.