Liga Indonesia

Kisah di Balik Kemenangan Atas PSM, Asisten Pelatih Persija Sebut Nama Marc Klok

Senin, 21 Oktober 2019 11:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Pernyataan caretaker Sudirman selepas melatih perdana Persija Jakarta. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Pernyataan caretaker Sudirman selepas melatih perdana Persija Jakarta.

FOOTBALL265.COM - Persija Jakarta sukses mengamankan tiga poin berkat kemenangan tipis 1-0 atas PSM Makassar dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Minggu (20/10/19). Striker Marko Simic mencetak gol tunggal pada menit ke-86.

Rupanya, ada fakta menarik di balik kemenangan Persija. Asisten pelatih Sudirman membocorkan bahwa mereka diuntungkan oleh satu sosok yang tak bisa diturunkan PSM karena akumulasi kartu, yakni Marc Klok.

"Kami sudah persiapkan laga ini jauh hari karena PSM tim papan atas. Kami tahu ada beberapa pemain kunci mereka dan kami bersyukur Marc Klok absen hari ini sehingga sedikit memudahkan penerapan taktik kami saat bertanding," kata Sudirman.

Selain itu, Sudirman mengakui tim pelatih Persija Jakarta selalu memberikan arahan khusus ke pemain sebelum memulai pertandingan. Rezaldi Hehanusa dkk. ditekankan untuk selalu berpikiran positif terkait hasil laga.

"Intinya kami selalu sampaikan pada pemain bahwa saat masuk lapangan harus bermain untuk menang. Seperti itu kira-kira. Tak ada kata seri apalagi kalah, pokoknya harus menang, menang, dan menang," pungkas Sudirman.

Kemenangan atas PSM Makassar membuat Persija Jakarta berhasil keluar dari zona degradasi untuk sementara. Mereka kini menempati peringkat ke-13 klasemen Shopee Liga 1 2019 dengan perolehan 23 poin dari 21 pertandingan.

Namun, posisi Persija masih jauh dari kesan aman karena jarak mereka cuma satu poin dari Semen Padang yang menduduki peringkat ke-16 atau batas atas zona degradasi.