In-depth

Luis Milla Lebih Cocok Latih Timnas U-19 di Piala Dunia U-20 2021 Ketimbang Senior

Jumat, 25 Oktober 2019 14:17 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Ilustrasi INDOSPORT
Luis Milla lebih cocok latih Timnas U-19 di Piala Dunia U-20 ketimbang senior. Copyright: © Ilustrasi INDOSPORT
Luis Milla lebih cocok latih Timnas U-19 di Piala Dunia U-20 ketimbang senior.

FOOTBALL265.COM – Persepakbolaan Indonesia akhirnya menciptakan sejarah baru setelah resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 pada Kamis (24/10/19) kemarin.

Tak ada yang menyangka jika Indonesia berhasil mengalahkan kandidat terkuat lainnya dalam proses bidding tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, yakni Brasil dan Peru.

Kabar gembira bagi pecinta sepak bola nasional tersebut diumumkan langsung oleh PSSI melalui akun media sosial Twitter resminya.

“Alhamdulillaaaaaaahhhhh. Astungkara. Puji Tuhan. Indonesia resmi terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021,” tulis PSSI.

Keputusan FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, membuat PSSI harus bekerja ekstra agar Timnas U-19 melangkah jauh di ajang ini.

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh PSSI untuk membantu Timnas Indonesia U-19 adalah membina dan mencari pelatih yang cocok berjuang di level internasional.

Meski saat ini Timnas Indonesia U-19 sudah memiliki pelatih yang cukup kompeten, yakni Fakhri Husaini. Namun tak ada salahnya jika PSSI mencari opsi lain, bila kinerjanya menurun di tengah jalan.

Pelatih lain yang cocok untuk mengantisipasi situasi tersebut adalah Luis Milla. Karena pelatih asal Spanyol itu sudah memahami filosofi sepak bola Indonesia.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Luis Milla mencontohkan operan kepada pemainnya. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPelatih Luis Milla, bisa jadi opsi untuk Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2021.

Baru-baru ini, nama Luis Milla memang telah menjadi perbincangan di tanah air setelah Simon McMenemy gagal total membuat Timnas Indonesia bertaring di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Daripada melatih Timnas Indonesia senior, lebih baik Luis Milla membantu Timnas U-19 untuk berjuang di ajang sekaliber Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Karena Timnas Indonesia senior sendiri tak memiliki agenda penting internasional. Tim Garuda hanya akan bertarung di Piala AFF 2020 mendatang.

Sangat disayangkan jika PSSI mendatangkan Luis Milla hanya untuk menjadi juara Piala AFF 2020, yang tidak masuk dalam agenda FIFA.

Menurut laporan media Vietnam, 24h, Luis Milla mendapatkan bayaran 44 ribu dolar atau setara dengan Rp623 juta per bulan.

Namun sangat berisiko bagi PSSI jika melihat bayaran Luis Milla, sedangkan targetnya hanya turnamen sekaliber Piala AFF.

Dengan bayaran yang besar itu, PSSI lebih baik memanfaatkan kualitas Luis Milla untuk membantu Timnas Indonesia U-19 untuk berjuang di Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Terlebih, Luis Milla punya pengalaman berharga saat menukangi tim muda. Ya, dirinya berhasil membawa Timnas Spanyol U-21 juara di Euro 2012 lalu.

Mantan pemain Barcelona dan Real Madrid itupun juga merasa senang Indonesia terpilih sebagai Piala Dunia U-20 2021. Ini menunjukkan bahwa dirinya masih peduli dengan Indonesia.

Dengan begitu, bukan tidak mungkin jika Luis Milla bersedia melatih Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala Dunia U-20 2021 mendatang.