Liga Indonesia

Duel Per Lini Persib Bandung vs Persija Jakarta: Sengit dan Sama Kuat

Minggu, 27 Oktober 2019 11:25 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Football265.com
Pertandingan Persib Bandung vs Persija Jakarta. Copyright: © Grafis: Football265.com
Pertandingan Persib Bandung vs Persija Jakarta.

FOOTBALL265.COM- Duel klasik antara Persib Bandung kontra Persija Jakarta akan tersaji dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019, Senin (28/10/19).

Sempat terancam akan batal digelar karena tidak dapat izin. Laga yang disebut-sebut sebagai El Classico Indonesia ini akhirnya mendapat restu untuk dimainkan di tempat netral.

Laga ini diprediksi akan berlangsung sengit dan panas, sama seperti laga-laga sebelumnya. Terlebih, kedua tim sama-sama mengusung misi khusus untuk meraih poin penuh guna memperbaiki posisi di tabel klasemen sementara Shopee Liga 1 2019.

Persija sendiri dipastikan akan memulai laga dengan motivasi penuh usai meraih hasil positif dalam dua laga terakhirnya. Begitu pula dengan Maung Bandung yang juga berhasil meraup empat poin dari dua laga melawan Persebaya Surabaya dan Bhayangkara FC.

Sebelum menyaksikan laga klasik ini, tak ada salahnya bila menilik kekuatan dari Persib dan Persija di setiap lininya. Berikut duel antar lini Persib Bandung vs Persija Jakarta versi INDOSPORT.

Kiper: I Made Wirawan vs Andritany Ardhiyasa

© Arif Rahman/INDOSPORT
Penjaga gawang Persib Bandung, I Made Wirawan (kiri) ditemani Robert Rene Alberts saat konferensi pers menjelang laga kontra PS Tira Persikabo di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (17/06/2019). Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPenjaga gawang Persib Bandung, I Made Wirawan (kiri) ditemani Robert Rene Alberts saat konferensi pers menjelang laga kontra PS Tira Persikabo di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (17/06/2019).

Kedua tim bisa dikatakan memiliki penjaga gawang yang mempunyai kualitas jempolan. Di kubu Persib terdapat I Made Wirawan, kiper senior yang sudah malang melintang bersama klub-klub Tanah Air. 

Di Persija, ada Andritany yang kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Tengok saja kiprahnya bersama Macan Kemayoran dan timnas Indonesia, dirinya selalu menjadi pilihan pertama untuk mengawal gawang tim yang ia bela.

Berdasarkan statistik, catatan keduanya pun juga tak jauh berbeda. Andritany sukses melakukan clean sheet sebanyak delapan kali dari 24 laga, sedangkan Made lima clean sheet dari 20 pertandingan.

Bek: Nick Kuipers vs Xandao

© persija.id
Rekrut Xandao, tanda Persija Jakarta harus mulai MoveOn dari Jaimerson. Copyright: persija.idRekrut Xandao, tanda Persija Jakarta harus mulai MoveOn dari Jaimerson.

Sama-sama baru didatangkan pada paruh musim, penampilan keduanya pun berhasil memikat para penggemar, baik Persib ataupun Persija

Memang tak bisa dipungkiri, Nick Kuipers dan Xandao harus bersusah payah untuk menyelaraskan permainannya saat pertama kali datang. Namun, keduanya sukses menjadi sosok tak tergantikan di lini belakang masing-masing dalam beberapa laga terakhir.

Kuipers sendiri lebih diunggulkan ketimbang Xandao. Pasalnya, selain bertahan, ia juga memiliki kemampuan dalam hal menyerang. Hal ini terbukti dengan catatan satu gol dan satu assist dari tujuh laga.

Gelandang: Febri Hariyadi vs Riko Simanjuntak

© febrihariyadi13
Febri Hariyadi merayakan gol saat melawan Persipura Jayapura Copyright: febrihariyadi13Febri Hariyadi merayakan gol saat melawan Persipura Jayapura

Untuk lini tengah, rasanya persaingan antaran Febri dan Riko tidak bisa dikesampingkan. Pasalnya, kedua pemain ini bisa dikatakan adalah roh dalam permainan Persib dan Persija sepanjang Shopee Liga 1 2019.

Febri secara mengejutkan sukses menjadi predator utama Maung Bandung dengan catatan delapan gol plus empat assist dari 24 pertandingan, sedangkan Riko berhasil menjadi motor serangan tim melalui kecepatannya dan umpan matangnya. Total 17 assist dari 37 pertandingan telah menjadi bukti nyata.

Depan: Ezechiel N'Douassel vs Marko Simic

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Persija Jakarta, Marko Simic usai mencetak gol ke gawang Semen Padang pada Liga 1 di Stadion Patriot Bekasi, Rabu (16/10/19). Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSelebrasi pemain Persija Jakarta, Marko Simic usai mencetak gol ke gawang Semen Padang pada Liga 1 di Stadion Patriot Bekasi, Rabu (16/10/19).

Pada pos ini, sudah bisa dipastikan akan diisi oleh juru gedor dari masing-masing tim, Ezechiel dan Simic. Bagaimana tidak, kedua pemain ini selalu menjadi  pilihan utama para pelatih di lini depan berkat insting tajamnya dalam mencetak gol.

Ezechiel yang sebelumnya harus absen, diyakini akan tampil ngotot pada laga ini guna memperpanjang catatan golnya pada musim ini yang sudah mencapai 10 gol dari 24 pertandingan.

Begitu pula dengan Marko Simic yang memiliki ambisi untuk segera menjauhkan Persija Jakarta dari zona degradasi. Dia sepanjang musim ini telah mencetak 16 gol dari 24 laga.