In-depth

Jelang vs Martapura, Bagaimana Peluang PSMS Medan ke Semifinal Liga 2?

Kamis, 14 November 2019 08:13 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Ilustrasi INDOSPORT
Pelatih klub Liga 2 PSMS Medan Jafri Sastra jelang Kontra Martapura Copyright: © Ilustrasi INDOSPORT
Pelatih klub Liga 2 PSMS Medan Jafri Sastra jelang Kontra Martapura

FOOTBALL265.COM - Berbicara tentang peluang PSMS Medan di babak 8 besar Liga 2 2019 jelang pertandingan menghadapi Martapura, Kamis (14/11/19) pukul 15.30 WIB sore nanti.

Pertandingan PSMS Medan vs Martapura FC di Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Kamis sore nanti merupakan laga yang sangat penting untuk kedua tim.

Ya, baik PSMS Medan vs Martapura FC akan sangat penting untuk menjaga asa mereka supaya lolos ke babak selanjutnya. Pasalnya, kedua tim sama-sama punya hasil minor di laga perdana.

PSMS hanya mampu bermain imbang 1-1 atas Persik Kediri. Sedangkan Martapura harus takluk 2-3 atas Persita Tangerang, setelah sempat unggul 2-1 di babak pertama.

Situasi lebih parah dialami Martapura di laga perdana, mereka harus mengakui kekalahan kontra Persita Tangerang dengan skor 2-3, Minggu (10/11/19) kemarin.

Optimisme sudah ditebarkan oleh bek PSMS Medan, Afiful Huda jelang laga menghadapi Martapura. Dia mengharapkan rekan-rekan setimnya untuk bangkit dan merebut kemenangan hari ini.

"Lupakan laga kemarin dan kembali kita tatap laga esok. Untuk itu kita harus bangkit dan fokus serta siap mental agar tiga poin bisa kita raih agar kans kita terbuka lebar," kata Afiful kepada INDOSPORT, Rabu (13/11/19) kemarin.

Harapan senada juga dilontarkan oleh kapten tim, Legimin Raharjo, yang ingin mengulang sejarah PSMS vs Martapura FC pada tahun 2017 lalu. Di mana laga tersebut juga terjadi di babak 8 besar Liga 2, dengan kemenangan untuk PSMS.

"Ya pasti kami sangat ingin mengulang sejarah itu. Karena kemenangan menjadi menjadi modal berharga dan menjaga peluang kita untuk dapat ke babak selanjutnya (semifinal)," tutup pemain berusia 37 tahun itu.

Tapi sepak bola tak bisa selalu mengandalkan sejarah, di mana siklus terus berputar dan tim yang kalah musim lalu, belum tentu bisa ditaklukkan saat ini.

Peluang PSMS Medan ke Semifinal Liga 2

© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Skuat PSMS Medan berlatih di Pantai Cermin, Serdang Bedagai, Kamis (31/10/2019). Copyright: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORTSkuat PSMS Medan berlatih di Pantai Cermin, Serdang Bedagai, Kamis (31/10/2019).

PSMS Medan memang punya kenangan indah kala bertemu Martapura yang terjadi di babak 8 besar Liga 2 2017 lalu. Mereka berhasil menang 2-1 atas Martapura FC di Patriot Chandrabhaga Stadium, Bekasi, 13 November 2017.

Martapura yang dikalahkan Ayam Kinantan pada tahun 2017 lalu dengan yang sekarang, juga dilatih oleh pelatih yang sama yaitu Frans Sinatra Huwae. Tentu sejarah ini menjadi motivasi tambahan untuk skuat asuhan Jafri Sastra.

Apalagi kemenangan atas Martapura jika berhasil diraih akan menjadi modal besar untuk mereka meneruskan harapan lolos ke babak semifinal Liga 2.

PSMS Medan saat ini berada di urutan ketiga klasemen sementara Grup B dengan raihan satu poin usai ditahan imbang oleh Persik Kediri di laga perdana Minggu kemarin.

Jika meraup tiga poin sore nanti, PSMS Medan akan memiliki 4 poin dan bahkan bisa naik ke puncak klasemen sementara Grup B, sembari menunggu hasil pertandingan Persita vs Persik Kediri yang dimainkan pukul 19.00 WIB malam ini.

Lebih bagusnya lagi jika hasil pertandingan Persita vs Persik Kediri berakhir imbang, peluang PSMS untuk lolos ke babak semifinal Liga 2 akan semakin terbuka.

Persita Tangerang akan memiliki 4 poin jika bermain imbang nanti malam, sementara Persik akan turun ke peringkat ketiga dengan mengantongi dua poin. 

Melihat kemenangan menjadi harga mutlak untuk peluang PSMS ke babak semifinal Liga 2, ternyata sang pelatih, Jafri Sastra ogah memikirkan hitung-hitungan dan ingin anak-anak asuhannya fokus pada laga vs Martapura.

"Soal peluang, kita lihat saja nanti. Yang penting main saja dulu, fokus hadapi mereka (Martapura). Tidak perlu disebut wajib menang. Kalau bertanding, pasti setiap ingin menang," ucapnya kepada awak media berita olahraga, Rabu (13/11/19) kemarin.

Salah satu alasan kenapa pertandingan babak 8 besar Liga 2 antara PSMS vs Martapura harus dimenangkan oleh Ayam Kinantan, adalah lawan yang akan mereka hadapi di laga terakhir Grup B, yaitu Persita Tangerang.